Mourinho Dukung Piala Dunia Diikuti 48 Negara

By Nugyasa Laksamana - Jumat, 6 Januari 2017 | 23:21 WIB
Manajer Manchester United, Jose Mourinho, mendampingi anak-anak asuhnya dalam laga Premier League kontra Sunderland di Stadion Old Trafford, Manchester, Inggris, 26 Desember 2016.
JAN KRUGER/GETTY IMAGES
Manajer Manchester United, Jose Mourinho, mendampingi anak-anak asuhnya dalam laga Premier League kontra Sunderland di Stadion Old Trafford, Manchester, Inggris, 26 Desember 2016.

Manajer Manchester United, Jose Mourinho, mendukung ide FIFA untuk menambah jumlah peserta Piala Dunia menjadi 48 negara.

Bagi Mourinho, penambahan jumlah peserta pada Piala Dunia bisa mengembangkan olahraga sepak bola itu sendiri tanpa membebani klub atau pemain.

Dengan format 48 negara, maka Piala Dunia akan terbagi menjadi 16 grup yang masing-masingnya berisi tiga negara.

Nantinya, dua tim teratas dari setiap grup berhak melaju ke babak 32 besar.

"Saya sangat mendukung. Sebagai manajer klub, jika ekspansi membuat jumlah laga bertambah, dan pemain akan kekurangan waktu liburan serta pramusim, tentu saya akan berkata tidak," kata Mourinho seperti dilansir dari situs FIFA.

Baca Juga:

"Namun, ekspansi tak selalu membuat jumlah laga lebih banyak. Sebaliknya, pemain dan klub akan dilindungi dengan cara ini. Tim non-unggulan bisa pulang lebih cepat karena cuma memainkan dua laga fase grup," ujar Mourinho.

Ide tersebut sempat dipublikasikan oleh Presiden FIFA Gianni Infantino. Namun, sejumlah klub besar Eropa menentangnya dan bersikeras agar Piala Dunia tetap diikuti 32 tim.

Salah satu penentang ide ekspansi jumlah peserta Piala Dunia adalah CEO Bayern Muenchen, Karl-Heinz Rummenigge.

Rummenigge berpendapat bahwa ide penambahan jumlah peserta pada Piala Dunia hanya menguntungkan sponsor dan tidak memberi manfaat dari segi olahraga.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : FIFA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X