Krisis Gelandang, Atletico Madrid Bikin Josema Versi Baru

By Sabtu, 7 Januari 2017 | 18:29 WIB
Bek Uruguay, Jose Gimenez (kanan), berupaya menahan bola sepakan striker Meksiko, Javier Hernandez, saat kedua tim bentrok di laga Grup C Copa America 2016 di stadion Phoenix Stadium, Glendale, 5 Juni 2016.
JENNIFER STEWART/GETTY IMAGES/AFP
Bek Uruguay, Jose Gimenez (kanan), berupaya menahan bola sepakan striker Meksiko, Javier Hernandez, saat kedua tim bentrok di laga Grup C Copa America 2016 di stadion Phoenix Stadium, Glendale, 5 Juni 2016.

Atletico Madrid racikan Diego Simeone konsisten memainkan skema 4-4-2. Formasi tersebut membutuhkan peran dua gelandang sentral. Terkait hal itu, Simeone tengah pusing karena stok gelandang tengah Los Colchoneros kini menipis. 

Penulis: Sem Bagaskara

Augusto Fernandez sudah meringkuk di ruang terapi sedari September 2016 akibat cedera ligamen parah. Tiago Mendes terus bermasalah dengan lututnya.

Tenaga Thomas Partey tak akan bisa dipakai Atletico pada periode awal 2017 seiring partisipasi sang pemain di Piala Afrika bersama Ghana.

Alhasil, kini Simeone hanya punya Gabi Fernandez di pos gelandang sentral. Koke dan Saul Niguez memang bisa menyisir wilayah tengah, tetapi sejatinya mereka berdua adalah pemain sayap.

Problem itu segera diantisipasi oleh Simeone. Caranya bukan dengan meresmikan rekrutan gelandang anyar di bursa transfer musim dingin, tapi memberikan peran baru kepada Jose Maria Gimenez.

Gimenez merupakan andalan Simeone di jantung pertahanan Atletico. Akan tetapi, krisis gelandang tengah memaksa Simeone memutar otak. Sang bek asal Uruguay disulap Simeone menjadi gelandang sentral.

Gimenez sudah melakukan "pemanasan" dengan mentas sebagai penghuni sektor tengah dalam duel leg II melawan Guijuelo (4-1) di 32 besar Copa del Rey 2016/17, 20 Desember silam.

Peran sebagai gelandang lagi-lagi diemban pria yang akrab disapa Josema itu dalam partai ekshibisi versus Al-Ittihad (3-2) dan Las Palmas (2-0) di babak 16 besar Copa del Rey baru-baru ini. Dalam kedua partai itu, Gimenez mentas sebagai pengganti.

"Di sepak bola Argentina kami mesti mencari alternatif sebab tak ada uang di sana. Anda mesti melihat kehidupan untuk menyelesaikan problem," kata Simeone, yang berpengalaman menukangi klub Argentina semodel Racing Club, Estudiantes, River Plate, dan San Lorenzo.

[video]http://video.kompas.com/e/5269646289001[/video]


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X