Dortmund Susah Tanpa Auba

By Minggu, 8 Januari 2017 | 04:30 WIB
Andre Schuerrle (kiri) dan Adrian Ramos, diharapkan bisa menggantikan Pierre-Emerick Aubameyang.
AFP
Andre Schuerrle (kiri) dan Adrian Ramos, diharapkan bisa menggantikan Pierre-Emerick Aubameyang.

Awal paruh kedua Bundesliga 2016-2017 akan diarungi Borussia Dortmund tanpa sosok seorang pemain penting, Pierre-Emerick Aubameyang. Pemain berusia 27 tahun ini harus bertolak ke Gabon guna membela timnas tuan rumah pada kompetisi Piala Afrika 2017.

Penulis: Hizrian Maladzan*

Aubameyang merupakan pemain yang sangat vital bagi Dortmund musim ini. Dari tujuh kemenangan Die Borussen di Bundesliga, Aubameyang mencetak gol pada lima pertandingan. Ia bahkan menjadi penentu kemenangan Dortmund atas Bayern Muenchen dengan satu golnya. Total, Auba sudah mencetak 21 gol dari 23 penampilan di semua kompetisi musim ini.

Pelatih Dortmund, Thomas Tuchel, mengakui bahwa timnya akan menemui banyak kesulitan dengan absennya Aubameyang. “Kami tidak bisa mengejar target tanpa Auba,” ucap Tuchel.

“Dia meningkatkan kemampuan semua yang berada di sekitarnya. Semua yang bermain bersama dia tahu bahwa dia bisa membuat perbedaan dari mana saja,” kata Tuchel lagi.

Tuchel tentu harus memikirkan alternatif untuk posisi Aubameyang selama ia masih membela Gabon di Piala Afrika.

Alternatif Lini Depan

Di Dortmund sendiri ada beberapa pemain yang bisa menjadi solusi Tuchel di lini depan. Sebut saja Adrian Ramos dan Andre Schuerrle.

Selalu menjadi back-up selama Aubameyang bermain, inilah saat yang tepat bagi Ramos untuk menunjukkan bahwa ia bisa menjalankan tugas dengan baik di posisi striker utama.

Penampilan Ramos memang tidak impresif selama ia berbaju kuning hitam. Dari 79 penampilan, ia hanya bisa mencetak 19 gol. Namun, bila diteliti lebih dalam lagi, ia tampil 51 kali hanya sebagai pemain pengganti.


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : Tabloid BOLA No. 2.731


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X