Donington Park Tidak Berminat Gelar Balapan F1

By Diya Farida Purnawangsuni - Kamis, 12 Januari 2017 | 16:06 WIB
Pebalap Formula 1 (F1) asal Brasil yang membela tim McLaren, Ayrton Senna, bereaksi setelah memastikan diri memenangi GP Eropa 1993.
MOTORSPORT
Pebalap Formula 1 (F1) asal Brasil yang membela tim McLaren, Ayrton Senna, bereaksi setelah memastikan diri memenangi GP Eropa 1993.

Manajemen Sirkuit Donington Park mengaku tidak berminat menggelar balapan Formula 1 (F1), meskipun kelak Sirkuit Silverstone berhenti menyelenggarakan GP Inggris.

Menurut Managing Director Sirkuit Donington Park Christopher Tate, sejarah kelam yang nyaris membuat mereka gulung tikar menjadi alasan utama.

"Kami sama sekali tidak berminat menjadi pengganti tuan rumah GP Inggris. Kami sudah membuat target yang sangat jelas terkait menjaga (sejarah) sirkuit ini seperti apa adanya," tutur Tate yang dilansir Motorsport, Kamis (12/1/2017).

"Kami tidak tertarik menjadi tuan rumah untuk balap mobil single seater berkecepatan tinggi karena itu berarti kami harus mengubah Donington Park secara keseluruhan," kata Tate lagi.

Sirkuit Donington Park tercatat pernah menggelar seri balap F1, tepatnya pada 1993. Kala itu, Sirkuit Donington Park menjadi tuan rumah untuk GP Eropa.

Sirkuit Donington Park nyaris menjadi tuan rumah GP Inggris periode 2010-2017 menyusul pengumuman yang disampaikan bos F1 Bernie Ecclestone pada 4 Juli 2008.

Namun, pada 18 November 2009, Ecclestone merevisi pernyataan itu. Dia mencabut izin penyelenggara balapan F1 di Sirkuit Donington Park dan menyerahkannya ke Sirkuit Silverstone.

Adapun pencabutan izin tersebut terjadi setelah pemilik Sirkuit Donington Park memasukkan surat pernyataan bangkrut.

Masa depan GP Inggris tengah menggantung. Kontrak Sirkuit Silverstone sebagai tuan rumah akan berakhir pada 2017.

Saat ini, British Racing Drivers Club selaku pemilik Sirkuit Silverstone sedang mempertimbangkan kemungkinan berhenti menggelar GP Inggris.

[video]http://video.kompas.com/e/5272442211001[/video]


Editor : Pipit Puspita Rini
Sumber : Motorsport


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X