Tertinggi di Dunia, Utang Man United Mencapai Rp 7,5 Triliun

By Nugyasa Laksamana - Jumat, 13 Januari 2017 | 09:47 WIB
Stadion Old Trafford
Dok. Pokernews.com
Stadion Old Trafford

Manchester United tercatat sebagai klub sepak bola dengan jumlah utang terbanyak di dunia, yakni mencapai angka 536 juta euro (Rp 7,5 triliun).

Data tersebut dirilis oleh Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA). Menurut laporan mereka, sepanjang tahun 2016, utang Manchester United mengalami kenaikan 25 persen.

Jumlah utang Manchester United jauh lebih besar dari Benfica yang menduduki posisi berikutnya, yakni dengan 336 juta euro (Rp 4,7 triliun).

Kondisi itu bertolak belakang dengan sejumlah klub Eropa lainnya yang mampu memangkas jumlah utangnya dalam waktu lima tahun terakhir.

Meski demikian, laporan UEFA menekankan bahwa jumlah utang juga harus dibandingkan dengan pendapatan dan nilai aset klub.

Dalam hal ini, Manchester United tidak dalam risiko besar mengingat pendapatan tahunan klub pada 2015 mencapai 521 juta euro (Rp 7,3 triliun), serta hanya 80 persen dari aset klub.

Pada 2016, Manchester United melaporkan telah menerima pendapatan senilai 535 juta poundsterling (sekitar Rp 8,2 triliun).

Baca Juga:

Kasus mengkhawatirkan justru dialami oleh klub Divisi Championship, Queens Park Rangers (QPR).

Utang mereka berjumlah 250 persen dari hasil pendapatan, dan 480 persen dari aset jangka panjang mereka.


Editor : Beri Bagja
Sumber : UEFA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X