Peserta Piala Dunia Bertambah, Ada Pesan Penting dari Kiatisuk Senamuang

By Segaf Abdullah - Senin, 16 Januari 2017 | 22:45 WIB
Kiatisuk Senamuang (kedua dari kiri) menyanyikan lagu kebangsaan menjelang partai antara Thailand dan Indonesia pada Grup A Piala AFF 2016 di Philippine Sports Stadium, 19 November 2016.
KUKUH WAHYUDI/JUARA/BOLA
Kiatisuk Senamuang (kedua dari kiri) menyanyikan lagu kebangsaan menjelang partai antara Thailand dan Indonesia pada Grup A Piala AFF 2016 di Philippine Sports Stadium, 19 November 2016.

Pelatih timnas Thailand, Kiatisuk Senamuang, berharap Thailand mampu lolos ke putaran final Piala Dunia 2026. Makanya, juru taktik berusia 42 tahun itu menganjurkan Asosiasi Sepak Bola Thailand (FAT) untuk memberikan perhatian lebih pada kompetisi usia muda.

Sebelumnya, Dewan FIFA secara aklamasi sepakat untuk menambah peserta pesta sepak bola terbesar di dunia tersebut.

Dewan FIFA menerima proposal dari Presiden Gianni Infantino yang menggagas penambahan jumlah peserta Piala Dunia. Proposal tersebut diterima lewat rapat di Zurich pada Selasa (10/1/2016) waktu setempat.

"Penambahan jumlah tim akan meningkatkan peluang Thailand mencapai putaran final Piala Dunia," ucap Kiatisuk seperti dilansir Bangkok Post, Sabtu (14/1/2017).

Dengan begitu, kuota untuk tim-tim di kawasan Asia dipastikan akan bertambah. Sebelumnya, Asia hanya diberikan jatah empat tim per Piala Dunia.

Pada Piala Dunia 2026 yang kemungkinan akan digelar di Amerika Utara, jumlah tersebut akan mengalami penambahan dua kali lipat alias delapan tim asal Benua Asia akan berebut untuk lolos ke putaran final.

Baca juga:

"Tetapi, semua tim di Asia termasuk ASEAN pun berpikir sama. Jadi, kami tetap harus membangun regenerasi timnas," tutur pelatih yang membawa Thailand menjuarai Piala AFF 2016 itu.

"Kami harus mencari bibit-bibit pemain muda berumur 13-14 tahun. Mereka akan menjadi aset kami dan menjadi penting untuk lolos ke Piala Dunia U-16 dan U-19," kata Kiatisuk.

Selain itu, Kiatisuk juga mengisyratkan bahwa pembibitan pemain muda di Thailand masih tertinggal dari Myanmar dan Vietnam. Adapun kedua tim ASEAN yang disebut Zico, sapaan Kiatisuk, tersebut memang sudah sukses lolos ke pentas Piala Dunia U-20.


Editor : Estu Santoso
Sumber : Bangkok Post


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X