Liverpool dan Kejutan Pemain Multifungsi

By Rabu, 18 Januari 2017 | 12:33 WIB
Pemain Liverpool FC, Roberto Firmino (tengah), merayakan gol yang dia cetak ke gawang Swansea City dalam pertandingan Premier League di Stadion Liberty, Swansea, 1 Oktober 2016.
GEOFF CADDICK/AFP
Pemain Liverpool FC, Roberto Firmino (tengah), merayakan gol yang dia cetak ke gawang Swansea City dalam pertandingan Premier League di Stadion Liberty, Swansea, 1 Oktober 2016.

 Menjelang musim 2013/14 bergulir, Pep Guardiola, yang waktu itu menukangi Bayern Muenchen, mesti berhadapan dengan Borussia Dortmund di ajang Piala Super Jerman.

Penulis: Sem Bagaskara

Duel kontra Dortmund merupakan partai resmi pertama Guardiola bersama Muenchen. "Si anak baru" kaget.

Muenchen takluk 2-4 dari Dortmund arahan Juergen Klopp. Berselang tiga tahun, Guardiola berpindah haluan ke Manchester City.

Liga berganti, begitu juga dengan tim yang diarsiteki. Tapi, Guardiola tetap dikejutkan oleh sepak bola heavy metal ala Klopp. Kejadiannya muncul pada 31 Desember 2016.

City racikan Guardiola menyerah 0-1 kepada Liverpool pimpinan Klopp.

"Mungkin Klopp adalah pelatih terbaik dunia dalam hal membentuk tim yang mampu menyerang empat bek dengan banyak pemain, dari hampir semua penjuru lapangan," kata Guardiola di The Guardian.

Liverpool memeragakan intensitas tinggi, baik ketika mengendalikan permainan maupun saat kehilangan bola. Permutasi posisi penghuni lini serang The Reds sangat cair.

Baca Juga:

Pakem 4-3-3 yang disusun Klopp di atas papan strategi bisa terlihat sangat berbeda di arena sesungguhnya.

Sejumlah pemain tiba-tiba bisa mengisi pos striker. Roberto Firmino, yang bertugas sebagai ujung tombak seringkali turun atau menarik bek lawan agar meninggalkan posisi mereka dengan pergerakan ke arah sayap.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X