Kontra Chelsea dan Tottenham, Liverpool Mungkin Tanpa Matip

By Beri Bagja - Selasa, 17 Januari 2017 | 09:51 WIB
Bek Liverpool FC, Joel Matip (kiri), mencoba memblok tembakan penyerang Manchester United, Zlatan Ibrahimovic, dalam laga Premier League di Stadion Anfield, Liverpool, 17 Oktober 2016.
CLIVE BRUNSKILL/GETTY IMAGES
Bek Liverpool FC, Joel Matip (kiri), mencoba memblok tembakan penyerang Manchester United, Zlatan Ibrahimovic, dalam laga Premier League di Stadion Anfield, Liverpool, 17 Oktober 2016.

Liverpool FC mungkin tak bisa memakai jasa Joel Matip pada laga krusial kontra Chelsea dan Tottenham. Hal ini terkait dengan keengganan bek asal Kamerun itu membela negaranya di Piala Afrika 2017.

Matip sedianya menjadi bagian dari tim Kamerun di Gabon, tuan rumah Piala Afrika. Namun, bersama sejumlah pemain lain, bek berusia 25 tahun itu menolak bergabung dan fokus untuk klub.

Liverpool tak mau ambil risiko dengan memainkan Matip pada laga kontra Manchester United, Minggu (15/1/2017). Manajer Juergen Klopp memilih tak membawa serta dia ke Stadion Old Trafford.

"Federasi Sepak Bola Kamerun gagal mengonfirmasi status Matip apakah bisa bermain untuk klub atau tidak sepanjang Piala Afrika. Karena itu, Liverpool menunggu klarifikasi dari FIFA untuk memainkannya," tulis pernyataan resmi Liverpool.

Dilansir dari BBC, Liverpool mungkin tak boleh mempergunakan jasa Matip hingga Piala Afrika 2017 rampung. Hal ini berkaitan dengan seberapa jauh sepak terjang Kamerun di turnamen dua tahunan itu.

Andai Kamerun melangkah ke final yang bakal dilangsungkan pada 5 Februari, Klopp tak boleh memainkan Matip di timnya hingga laga kontra Tottenham Hotspur pada 11 Februari.

Berdasar aturan FIFA, pemain memang seharusnya mengutamakan panggilan ke timnasnya. Tanpa ada pernyataan resmi dari Kamerun yang mengizinkan pemain absen membela klubnya, Liverpool tak boleh memainkan Matip sampai selesai turnamen,

"Saya menyangka Matip telah mundur dari timnas dan sepak bola internasional," ujar Klopp seusai hasil imbang 1-1 kontra Manchester United.

"Kami akan berupaya segala cara untuk mencari kejelasan akan status dia. Namun, kami tak mendapat respons. Hal ini tentu saja membuat frustasi," tutur manajer asal Jerman itu.

Kamerun sudah memainkan laga pertamanya di Piala Afrika 2017, sehari sebelum pertandingan Manchester United vs Liverpool. Mereka bermain imbang 1-1 kontra Burkina Faso.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : BBC


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X