Perbandingan Donnarumma dan Buffon soal Penalti, Siapa Unggul?

By Anju Christian Silaban - Selasa, 17 Januari 2017 | 19:01 WIB
Kiper AC Milan, Gianluigi Donnarumma, melakukan penyelamatan saat melawan Sampdoria dalam laga lanjutan Serie A 2016-2017 di Stadion Luigi Ferraris Stadium, Genoa.
MARCO BERTORELLO/AFP
Kiper AC Milan, Gianluigi Donnarumma, melakukan penyelamatan saat melawan Sampdoria dalam laga lanjutan Serie A 2016-2017 di Stadion Luigi Ferraris Stadium, Genoa.

 Penjaga gawang AC Milan, Gianluigi Donnarumma, mengukir rapor impresif dalam hal menggagalkan penalti. Bahkan, catatan pemain berusia 17 tahun itu mengungguli seniornya di Juventus, Gianluigi Buffon.

Terakhir, Donnarumma menepis bola eksekusi Adem Ljajic saat AC Milan bermain imbang 2-2 dengan Torino pada partai lanjutan Serie A di Stadion Olimpico, Senin (16/1/2017).

Termasuk duel kontra Ljajic, Donnarumma sudah melakoni tiga penalti di liga musim 2016-2017. Dua di antaranya diblok oleh sang penjaga gawang dan satu eksekusi lainnya gagal karena melenceng.

Catatan tersebut melanjutkan tren positif Donnarumma perihal duel titik putih. Apabila diakumulasi, dia sudah melakoni tujuh duel titik putih di Serie A, empat di antaranya gagal berbuah gol.

Dengan kata lain, rapor keberhasilan Donnarumma dalam hal penalti mencapai 57,1 persen.

Baca Juga:

Jumlah tersebut jauh lebih besar daripada rapor Buffon dalam tujuh duel penalti pertamanya di Serie A. Semuanya dilakoni pemain berusia 38 tahun itu saat masih berseragam Parma.

Dari tujuh penalti, Buffon hanya mampu menggagalkan dua eksekusi dari Oliver Bierhoff dan Udinese. Tak ayal, dia cuma membukukan catatan keberhasilan 28,6 persen.

Buffon memang bukanlah penjaga gawang spesialis duel titik putih. Dia cuma mampu menghalau 29 dari 92 penalti yang dihadapinya pada berbagai ajang.

Dari 29 kesuksesan tersebut, hanya satu terjadi pada musim ini, yaitu saat Buffon menggagalkan penalti penyerang Olympique Lyon, Alexandre Lacazette, pada partai Liga Champions, 18 Oktober 2016.


Editor : Beri Bagja
Sumber : transfermarkt, Squawka, Opta


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X