Ajax Krisis Penyerang, Menghitung Kans Ezra Walian Naik ke Tim Utama

By Riemantono Harsojo - Selasa, 17 Januari 2017 | 22:07 WIB
Striker asal Belanda berdarah Indonesia, Ezra Walian (kiri), memberikan pernyataan selepas bermain dalam laga ekshibisi bersama tim Munial Sport Group di Lapangan Atang Soetrisna, Cijantung, Jakarta Timur, Kamis (29/12/2016) sore WIB.
SEGAF ABDULLAH/JUARA.NET
Striker asal Belanda berdarah Indonesia, Ezra Walian (kiri), memberikan pernyataan selepas bermain dalam laga ekshibisi bersama tim Munial Sport Group di Lapangan Atang Soetrisna, Cijantung, Jakarta Timur, Kamis (29/12/2016) sore WIB.

Media-media Belanda belum menyebut nama calon pemain naturalisasi timnas Indonesia, Ezra Walian, bakal promosi ke tim utama Ajax Amsterdam. Meski, klub elite Belanda itu sedang krisis penyerang.

Ajax biasanya mempromosikan pemain dari Jong Ajax ke tim utama jika sedang kekurangan pemain, baik untuk melengkapi jumlah pemain saat sesi latihan maupun untuk pertandingan.

Sebagai contoh, pelatih Ajax, Peter Bosz, membawa dua penyerang Jong Ajax, Justin Kluivert (17 tahun) dan Pelle Clement (20) untuk mengikuti latihan di Portugal pada awal Januari 2017.

Kluivert dan Clement dibawa ke Portugal karena Ajax sedang kekurangan pemain di lini depan, khususnya penyerang sayap.

Melihat tradisi di Ajax, semestinya Walian atau penyerang lain di Jong Ajax dipromosikan ke tim utama.

Penyerang kanan Bertrand Traore membela Burkina Faso di Piala Afrika 2017. Sedangkan penyerang kanan Jong Ajax yang sudah beberapa kali main di tim utama, Vaclav Cerny, sedang cedera.

Jumlah penyerang di tim utama Ajax berkurang lagi jika penyerang kiri Amin Younes mesti istirahat. Dia cedera kala Ajax melawan PEC Zwolle pada 15 Januari 2017. Younes pada laga itu digantikan oleh Kluivert.

Penyerang kanan Anwar El Ghazi juga bisa menghilang dari skuat Ajax. El Ghazi disebut akan segera hijrah ke klub Prancis, Lille.

Sementara itu, Pelle Clement dipastikan belum bisa bermain lagi. Pada 16 Januari 2017, dia menjalani operasi pada pangkal pahanya.

Jika Younes mesti istirahat dan El Ghazi pergi, Ajax untuk sementara tinggal memiliki Kluivert, Matteo Cassierra, dan striker berbakat Kasper Dolberg di lini depan.

Selain di tengah, Cassierra bisa dimainkan di kanan dan kiri. Dolberg tetap bermain di tengah, lalu Kluivert di kanan atau kiri.


Pemain muda Ajax, Pelle Clement.(TWITTER)

Pelatih Bosz bisa memainkan trio penyerang itu dengan gelandang Lasse Schone sebagai pelapis di pos penyerang kanan. Ajax juga sedang mengincar sayap kanan Sao Paulo Brasil, David Neres.

Namun, saat menanti David Neres jadi bergabung, pelatih Bosz tetap butuh penyerang. Nah, di sini ada peluang buat Ezra Walian untuk promosi ke tim utama.

Dalam empat pertandingan terakhir Jong Ajax di Eerste Divisie (kasta kedua Liga Belanda), Walian selalu dimainkan sebagai starter.


Editor : Estu Santoso
Sumber : ajax.nl


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X