Lesunya Bursa Januari La Liga, Jadi Penampung Buangan China

By Sabtu, 21 Januari 2017 | 09:42 WIB
Penyerang Simone Zaza (kanan) saat diperkenalkan sebagai anggota baru Valencia CF dalam acara presentasi di Valencia Sports City, Paterna, Valencia, 16 Januari 2017.
JOSE JORDAN / AFP
Penyerang Simone Zaza (kanan) saat diperkenalkan sebagai anggota baru Valencia CF dalam acara presentasi di Valencia Sports City, Paterna, Valencia, 16 Januari 2017.

Barcelona, Real Madrid, dan Atletico adem-ayem saja pada bursa Januari ini, begitu juga kebanyakan klub La Liga. Dinginnya bursa kali ini dipertegas dengan limpahan, terutama dari Timur Jauh.

Penulis: Christian Gunawan

Setelah melewati medio Januari 2017, bursa transfer musim dingin di La Liga baru melibatkan pengeluaran sebesar 14,15 juta euro dan pemasukan 9,3 juta. Tahun lalu, pengeluaran klub-klub La Liga mencapai 31,65 juta dengan pemasukan 61,8 juta.

Pembelian pada 2014-2015 lebih besar lagi, 55,2 juta, dengan penjualan lebih sedikit, 42 juta. Keriuhan itu sepertinya takkan terulang pada awal 2017. Kelesuan musim dingin ini cenderung mengikuti 2013-2014, saat rasio pembelian dengan penjualan hanya 16,08 berbanding 8,38 juta.

Dari 14,15 juta euro yang terlibat dalam pembelian Januari ini, 7 juta di antaranya dikeluarkan Real Sociedad untuk Geronimo Rulli. Sociedad menggaet kiper berusia 24 tahun itu dari Manchester City. Sevilla memboyong bek tengah Clement Lenglet dari Nancy dengan 5 juta.

Celta Vigo menggaet sayap kiri Jose Naranjo dari Genk (Belgia) dengan 1,8 juta. Sebanyak 15 pemain lagi yang masuk dalam daftar pembelian hanya berstatus pinjaman, termasuk Simone Zaza, yang uniknya mengharuskan Valencia memberikan 2 juta euro kepada Juventus sebagai biaya peminjaman.

Baca Juga:

Peminjaman menjadi warna dominan pada jendela transfer musim dingin di La Liga. Kaitan dengan China mungkin menegaskan kelesuan itu. Ketika banyak pemain bintang dunia yang bersedia pindah ke Liga China dengan transfer mahal, beberapa klub La Liga malah memilih meminjam pemain dari klub negara di Timur Jauh itu.

Pembatasan jumlah pemain asing menjadi tiga orang saja per laga mengawali keputusan peminjaman. Alaves meminjam gelandang serang Oscar Romero dari Shanghai Greenland Shenhua. Pemain ini sebenarnya merupakan rekrutan baru klub peringkat keempat Chinese Super League musim lalu itu.

Keberuntungan Alaves bisa meminjam pemain berusia 24 tahun itu boleh jadi karena Shenhua telah memiliki sejumlah pemain asing yang lebih mentereng, sebut saja Carlos Tevez, Obafemi Martins, Fredy Guarin, dan Giovanni Moreno. Romero bukan sembarang pemain. Ia mencatat 21 penampilan dan dua gol di timnas Paraguay sejak 2013.


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X