Manado Membangun Kembali Sepak Bola dari Usia Dini

By Minggu, 22 Januari 2017 | 10:10 WIB
Firman Utina, pesepak bola yang dibesarkan oleh Manado untuk tim nasional Indonesia.
DOK. BOLA
Firman Utina, pesepak bola yang dibesarkan oleh Manado untuk tim nasional Indonesia.

Sulawesi Utara pernah dikenal sebagai daerah penghasil talenta-talenta top sepak bola nasional, mulai dari Ronny Paslah, Inyong Lolombulan, Yance Katehokang, Francis Wawengkang, hingga Firman Utina.

Penulis: Indra Citra Sena/Andrew Sihombing

Klub-klub asal Sulawesi Utara juga sempat eksis dan kompetitif di kasta teratas sepak bola Indonesia.

Paling tidak, ada tiga klub yang pernah melakukannya, yakni Persma Manado (1990-an), Persmin Minahasa, dan Pesibom Bolaang Mongondow (2000-an).

Memasuki dekade 2010-an geliat sepak bola Sulawesi Utara perlahan menghilang dari pemberitaan.

"Salah satunya karena tak ada lagi tokoh yang peduli dengan sepak bola seperti yang dulu dilakukan Gubernur E.E. Mangindaan sehingga bisa membawa Persma Manado sebagai tim besar di Indonesia," kata Francis beberapa waktu lalu.

Baca Juga:

Situasi ini membuat para pelaku sepak bola di tingkat akar rumput berupaya membangun kembali kejayaan masa lalu dengan cara mengoptimalkan pembinaan pemain usia dini, salah satunya di Kotamobagu.

"Kotamobagu memiliki berbagai kategori liga usia dini. Kompetisi senior memang tak ada, tetapi kami sadar harus berkomitmen untuk memulai dari usia muda," kata salah satu pembina sepak bola usia muda di Kotamobagu, Andy Daun.

Fokus pembinaan sepak bola Sulawesi Utara tertuju kepada kelompok umur U-14 dan U-16 guna menyambut Piala Menpora, yang kemungkinan bakal berlangsung pada pertengahan 2017.


Editor : Weshley Hutagalung
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X