Sepak Bola NTT, SKO, dan Filosofi Perburuan Paus

By Rabu, 25 Januari 2017 | 08:20 WIB
Ilustrasi sepak bola Nusa Tenggara Timur.
GONANG SUSATYO/BOLA/JUARA.NET
Ilustrasi sepak bola Nusa Tenggara Timur.

“Baleho!” Teriak seseorang dari pohon kelapa. Teriakan "baleho" yang berarti ada ikan paus pun menggema. Bersahut-sahutan orang yang meneriakkannya.

Penulis: Gonang Susatyo

Saat itulah para lelaki meninggalkan semua pekerjaan dan berlarian menuju pantai.

Peledang atau perahu yang digunakan untuk berburu ikan paus dibawa bersama-sama ke pantai dan dimulailah perburuan ikan paus di Pulau Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Berburu ikan paus menjadi tradisi masyarakat di Pulau Lembata yang sudah berlangsung secara turun-temurun. Tradisi yang sudah menjadi ikon budaya NTT dan kini menjadi atraksi wisata yang menarik turis dari dalam maupun luar negeri.

Berburu ikan paus tak sekadar menaklukkan raksasa samudera.

Ada filosofi dari kisah perburuan paus yang membentuk para pemburu memiliki keyakinan kuat, pantang menyerah, disiplin, tangguh, berkarakter dan yang terutama memiliki hati yang bersih.

Filosofi ini yang menginspirasi berdirinya SMAN Keberbakatan Olah Raga (SKO) Flobamora di Kupang, NTT, pada 2016. SKO memiliki visi membentuk atlet yang disiplin, tangguh, dan berkarakter.

Karena terinspirasi dari kisah perburuan ikan paus di Lembata, SKO pun menggunakan lambang ikan paus dengan patungnya di depan sekolah.


Patung Ikan Paus yang berada di depan SMAN Keberbakatan Olah Raga (SKO) Flobamora, Kupang, Nusa Tenggara Timur.(GONANG SUSATYO/BOLA/JUARA.NET)


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X