Palembang Berani, Alex Noerdin tentang Kemasan Indah Si Sirkuit Cantik

By Kamis, 26 Januari 2017 | 11:27 WIB
Alex Noerdin, Gubernur Sumatra Selatan, menjabarkan mengenai kesiapan MotoGP di Palembang.
HERKA YANIS PANGARIBOWO/BOLA/JUARA.NET
Alex Noerdin, Gubernur Sumatra Selatan, menjabarkan mengenai kesiapan MotoGP di Palembang.

Palembang dengan penuh percaya diri akan menjadi tuan rumah MotoGP. Bahkan, Sirkuit Jakabaring yang akan menjadi arena balapan itu dipastikan akan menjadi salah satu trek terindah di dunia.

Penulis: Aprelia Wulansari

Bagaimana persiapan ibu kota Sumatra Selatan itu? Apa saja kelebihan sirkuit ini? Berikut penuturan Gubernur Alex Noerdin kepada Tabloid BOLA di Palembang.

Apa gambaran utama tentang Sirkuit Jakabaring?

Sirkuit ini bisa membuat pebalap memacu hingga 303 km/jam yang menjadi salah satu dari tiga high speed circuit di dunia. Terletak di pinggir danau sehingga menjadi salah satu sirkuit yang cantik dengan kapasitas 130.000 penonton. Terdapat 14 tikungan. Jadi, akan lebih seru menonton MotoGP di sini daripada di Sepang.

Bagaimana dukungan kepala negara?

Saya tentu tidak maju sebelum ada lampu hijau dari Presiden RI dan Wapres RI. Kenapa mereka setuju? Karena pembiayaan ini (pembangunan) tidak menggunakan dana APBN. Semua menggunakan biaya swasta.

MotoGP hanya digelar setahun sekali di satu sirkuit. Bagaimana mengantisipasi biaya perawatan yang mahal?

Sirkuit yang didesain Hermann Tilke ini bisa menggelar semua balapan di bawah F1. Artinya, balapan seperti GP2, Formula Asia, bisa digelar di sini. Jadi, hampir akan ada balapan setiap empat bulan.

Sirkuit dengan panjang 4,3 km ini pun kami buatkan sirkuit yang lebih kecil di tengahnya untuk balapan kelas bebek. Jadi, yakinlah bahwa sirkuit ini akan baik dan selalu ada balapan.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA No. 2.736


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X