Pemain Pinjaman Chelsea, 35 Orang = 175 Juta Pounds

By Kamis, 26 Januari 2017 | 10:46 WIB
Patrick Bamford (kiri) berusaha mengambil bola dari Manuel Lanzini dalam laga Premier League antara Middlesbrough kontra West Ham United di Riverside Stadium, 21 Januari 2017.
TONY MARSHALL/GETTY IMAGES
Patrick Bamford (kiri) berusaha mengambil bola dari Manuel Lanzini dalam laga Premier League antara Middlesbrough kontra West Ham United di Riverside Stadium, 21 Januari 2017.

Bisa jadi Chelsea adalah klub yang paling banyak meminjamkan pemainnya ke klub lain. Tercatat ada 35 pemain The Blues yang sedang berkelana dengan status pinjaman. Awalnya banyak klub yang mengkritik sistem pinjaman Chelsea, tapi belakangan tidak demikian.

Penulis: Dian Savitri

Ambil kisah Patrick Bamford. Penyerang berusia 23 tahun itu dipinjamkan Chelsea ke Middlesbrough pada Agustus 2014 hingga Mei 2015. Setelah itu, Bamford dipinjamkan ke Crystal Palace, Norwich City, dan Burnley.

Setelah kembali dari Burnley, 14 Januari lalu, Bamford resmi dikontrak oleh Middlesbrough empat hari kemudian. Chelsea mendapat 6 juta pounds dan bisa bertambah menjadi 10 juta dari bonus penampilan.

Artinya, sebagai pemain dengan kontrak permanen, Bamford boleh tampil ketika melawan klub induk. Tidak seperti pemain dengan status pinjaman yang dilarang melawan klub asal.

Kini, Chelsea memiliki 35 pemain yang sedang dipinjamkan. Sebenarnya 38 orang, seandainya Nathan Ake tidak dipanggil kembali dari Bournemouth, Kenedy tidak kembali dari Watford, dan Bamford tetap berada di Burnley.

Tetap saja, 35 pemain adalah jumlah yang banyak. Klub lain, misalnya Arsenal, hanya punya 13 pemain yang sedang dipinjamkan. Chelsea tidak menelantarkan pemainnya yang sedang dipinjamkan.

Media sosial menjadi sarana untuk terus berkomunikasi, misalnya dengan WhatsApp dan Skype. Bahkan, Chelsea membuat sebuah grup via WhatsApp untuk pemain-pemain pinjaman.

Psikolog Chelsea, Tim Harkness, senantiasa siap jika ada pemain pinjaman yang punya keluhan. Eks pemain Chelsea, Paulo Ferreira, kembali ke klub itu dan sekarang bekerja dengan Eddie Newton sebagai pelatih teknik untuk pemainpemain pinjaman.

“Kami punya grup WhatsApp untuk pemain-pemain pinjaman. Departemen pemain pinjaman yang membuatnya. Kadang, baterei telepon genggam sampai habis kalau semua pemain saling berkirim kabar dalam waktu sama. Jika ada satu pemain yang tampil gemilang, maka kabar itu langsung beredar lewat grup,” kata Bamford kepada Sports Mail.

Baca Juga:

Intinya, pemain-pemain pinjaman itu tidak merasa terlupakan. Selain itu, Chelsea juga pintar memasangkan pemain, terutama mereka yang dipinjamkan ke luar Inggris.

Dua gelandang berusia 20 tahun, Victorien Angban dan Jeremie Boga, sama-sama dipinjamkan ke Granada di Spanyol.

Sementara itu, Lewis Baker (21), Matt Miazga (21), dan Nathan (20) semua dipinjamkan ke klub Belanda, Vitesse Arnhem.

[video]http://video.kompas.com/e/5292775197001[/video]


Editor : Beri Bagja
Sumber : Tabloid BOLA No.2.736


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X