Indra Sjafri: Pesepak Bola NTT Punya Tempat dan Kesempatan di Bali United

By Yan Daulaka - Kamis, 26 Januari 2017 | 20:32 WIB
Mantan kiper Persiba Balikpapan, Alfonsius Kelvan, mengikuti seleksi di Lapangan Trisakti, Legian, Bali, Rabu (25/1/2017).
YAN DAULAKA/JUARA.NET
Mantan kiper Persiba Balikpapan, Alfonsius Kelvan, mengikuti seleksi di Lapangan Trisakti, Legian, Bali, Rabu (25/1/2017).

Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang terdiri dari tiga kepulauan besar, Flores, Sumba, dan Timor serta beberapa pulau kecil seperti Lembata, Adonara, Alor, Rote, dan Sabu sebetulnya punya segudang potensi berbakat dalam ajang sepak bola.

Pelatih sekaliber Indra Sjafri punya insting tajam mencium adanya talenta tersembunyi dari kawasan tersebut. Indra tahu betul apa yang harus dilakukan untuk menemukan bakat-bakat terpendam anak NTT.

Selain dengan bergerilya langsung ke beberapa pelosok daerah di sana, pelatih yang kembali dipercaya menukangi Timnas U-19 ini juga memanfaatkan klubnya, Bali United, sebagai ladang bagi anak NTT untuk menunjukkan bakat besarnya.

"NTT hanya persoalan tempat dan kesempatan. Nah, di Bali United semua itu ada dan bisa mereka perlihatkan kepada khalayak, bahwa anak-anak NTT itu bisa dan tidak boleh dianggap sebelah mata dalam urusan sepak bola," kata Indra kepada JUARA dalam sebuah kesempatan.

Baca Juga:

Pada musim 2017, Indra kembali memberi tempat kepada pemain-pemain muda asal NTT seperti Yabes Roni Malaifani dan Felicianus Junius R Bate. Sementara, masih ada dua pemain muda asal NTT lainnya yang masih dalam tahap seleksi yaitu Jakson Tiwu dan penjaga gawang Alfonsius Kelvan (eks Persiba).

Jakson Tiwu adalah mantan pemain PSN Ngada yang menjadi runner-up Liga Nusantara (Linus) 2016. Usai kalah di final dari Perseden Denpasar, Jakson bersama dua rekannya Gary Sai, dan Yoris Nono diberi kesempatan oleh Indra untuk mencoba peruntungan di Bali United

"Anak-anak NTT itu punya bakat alam sebagai atlit, karena mereka punya fisik kuat dan punya tipikal petarung. Ini yang harus dimanfaatkan dalam olahraga apa pun termasuk di sepak bola. Tinggal dipoles dengan benar dan ditempa di tempat layak, maka banyaklah pesepak bola terbaik akan muncul dari daerah tersebut," ungkap Indra.

Sebelumnya, ada nama Alsan Sanda Putra yang sudah bergabung dengan PS Polri dan Yulius Mauloko yang pindah ke salah satu klub Liga Timor Leste.

[video]http://video.kompas.com/e/5297011527001_v1_pjuara[/video]


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : -


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X