Sassuolo Vs Juventus, 'Clean Sheet' Kado buat Buffon

By Minggu, 29 Januari 2017 | 15:08 WIB
Kiper Juventus, Gianluigi Buffon,  saat tampil melawan Lazio dalam laga lanjutan Serie A 2016-2017 di Juventus Stadium, Turin,  pada 22 Januari 2017.
MARCO ROSI/GETTY IMAGES
Kiper Juventus, Gianluigi Buffon, saat tampil melawan Lazio dalam laga lanjutan Serie A 2016-2017 di Juventus Stadium, Turin, pada 22 Januari 2017.

Kapten Juventus, Gianluigi Buffon, bakal berulang tahun yang ke-39 akhir pekan ini. Kemenangan plus clean sheet atas Sassuolo dalam lanjutan Serie A 2016/17, Minggu (29/1/2017), akan menjadi kado indah buat sang kiper.

Penulis: Theresia Simanjuntak

Buffon berganti usia pada 28 Januari atau sehari sebelum duel liga pekan ke-22 tersebut. Seiring bertambahnya umur, pro dan kontra seputar kemampuan Buffon untuk terus menjadi si nomor satu di bawah mistar gawang Juventus bakal semakin gencar.

Telah banyak opini yang menilai kapten tim nasional Italia itu mengalami penurunan performa gara-gara usia yang menua.

Statistik Buffon di Serie A musim ini dapat membenarkan pendapat negatif itu.

Hingga pekan ke-21 Serie A 2016/17, Buffon baru membuat lima kali clean sheet dari 17 penampilan.

Dengan jumlah pekan yang sama, catatan itu lebih sedikit daripada musim lalu di mana ayah tiga putra itu tidak kebobolan sembilan kali.

Total clean sheet Buffon di Serie A 2016/17 bahkan lebih sedikit daripada sembilan kiper tim-tim di kompetisi tersebut, seperti Lukasz Skorupski (Empoli; 10 kali), Wojciech Szczesny (AS Roma; 9), dan Gianluigi Donnarumma (AC Milan; 7).

Tentu saja, banyaknya kemasukan bukan sepenuhnya kesalahan seorang kiper. Ada peran para bek di sana. Akan tetapi, dalam kasus Juventus, sosok Buffon semakin krusial musim ini.

Pada musim-musim sebelumnya, kinerja Buffon sangat dibantu trio bek tengah BBC: Andrea Barzagli, Leonardo Bonucci, dan Giorgio Chiellini.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA No. 2.737


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X