Regulasi Pemain Muda Harus Bisa Menjaga Kualitas Liga

By Jumat, 27 Januari 2017 | 20:49 WIB
Pelatih Persita Tangerang, Bambang Nurdiansyah (kanan), saat menjadi salah satu pembicara dalam Forum Diskusi BOLA di Kantor Redaksi Tabloid BOLA, Rabu (25/1/2017).
HERKA YANIS PANGARIBOWO/BOLA/JUARA.NET
Pelatih Persita Tangerang, Bambang Nurdiansyah (kanan), saat menjadi salah satu pembicara dalam Forum Diskusi BOLA di Kantor Redaksi Tabloid BOLA, Rabu (25/1/2017).

Respons terhadap rencana PSSI mewajibkan tercantumnya minimal lima pemain U-23 di tim senior, dengan tiga di antaranya tampil sebagai starter pada kompetisi musim 2017, sedikit-banyak telah membuka mata soal fakta pahit bal-balan nasional.

Penulis: Andrew Sihombing

Pembinaan pemain rupanya masih sekadar jargon yang tak betul-betul diterapkan. Lihat saja betapa repotnya sejumlah kontestan kasta teratas memenuhi draft regulasi tersebut.

Bahkan tim seperti Arema Cronus, yang dikenal memiliki akademi junior cukup oke, harus mendatangkan pemain muda semacam Hanif Sjahbandi, Bagas Adi Nugroho, dan M Rafli dari klub lain.

Kondisi serupa terjadi di klub-klub lain. Madura United misalnya, memboyong mantan penggawa timnas Indonesia U-19 dan kapten terbaik dalam turnamen Milan Junior Camp Day 2010, Eriyanto, dari PSIR Rembang.

Darah muda lain semisal Tanjung Sugiarto dan Fredi Jeferson Isir juga diboyong ke Madura United.

Klub ibu kota Persija malah lebih ironis. Alih-alih memaksimalkan amunisi dari klub internal, Macan Kemayoran malah menggelar seleksi untuk pemain U-23 ke beberapa kota.

Kondisi ini dikhawatirkan memunculkan pemain karbitan. Yang dimaksud tentulah pemain U-23 yang sebenarnya belum cukup layak tampil di kompetisi level teratas, tapi terpaksa dimainkan demi basa-basi regulasi.

"Bila pemain U-23 yang sebenarnya belum cakap dipaksakan menjadi starter di level Liga Super, bagaimana jadinya nanti kualitas kompetisi kasta teratas Indonesia," kata eks bomber andalan timnas Indonesia yang kini menukangi Persita Tangerang, Bambang Nurdiansyah, di Forum Diskusi BOLA pada Rabu (25/1/2017).

Bina Pelatih


Editor : Estu Santoso
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X