PSSI Bawa Dua Isu ke AFC, Termasuk Lisensi Pelatih Persipura

By Segaf Abdullah - Senin, 30 Januari 2017 | 10:58 WIB
Pelatih Angel Alfredo Vera (kanan) sedang mengawasi latihan Persipura di lapangan Kodam V Brawijaya, Surabaya. Debut Alfredo bersama Persipura adalah laga melawan Bhayangkara Surabaya United, Jumat (5/8/2016).
SUCI RAHAYU/JUARA.net
Pelatih Angel Alfredo Vera (kanan) sedang mengawasi latihan Persipura di lapangan Kodam V Brawijaya, Surabaya. Debut Alfredo bersama Persipura adalah laga melawan Bhayangkara Surabaya United, Jumat (5/8/2016).

Wakil Ketua PSSI, Joko Driyono, mengatakan pihaknya memiliki dua agenda untuk rapat bersama dengan AFC dalam waktu dekat. Salah satu isu yang bakal dibahas yakni lisensi kepelatihan juru taktik Persipura Jayapura, Angel Alfredo Vera.

Masa depan Alfredo Vera bersama Persipura masih mengambang. Pasalnya, lisensi kepelatihan yang dimilikinya saat ini tidak diakui oleh PSSI.

PSSI mewajibkan setiap pelatih harus berlisensi A AFC. Sementara itu, lisensi Alfredo adalah lisensi yang dikeluarkan Federasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol) yang diakui lebih dari 200 negara di dunia.

"Kompetisi di bawah PSSI mengenal yang dinamakan standarisasi kualifikasi pelatih. Salah satunya, di level teratas setiap pelatih kepada harus berlisensi minimal A AFC," ucap Joko Driyono kepada JUARA, beberapa waktu lalu.

Baca juga:

"Conmebol baru saja mengenal mekanisme lisensi kepelatihan. Maka, kasus Vera akan kami konsultasikan terlebih dahulu ke AFC, apakah lisensinya setara dengan A AFC," kata pria asal Ngawi itu.

Adapun Argentina dan Brasil diberi keleluasaan oleh FIFA untuk mengeluarkan lisensi kepelatihan dan pastinya diakui. Hal itu tidak lepas lantaran kedua negara tersebut merupakan raksasa sepak bola dunia.

Jadi, lisensi kepelatihan yang dimiliki Vera sekarang boleh dibilang sama dengan pelatih-pelatih asal Argentina lainnya seperti Diego Simeone atau Mauricio Pochettino.

Selain itu, agenda PSSI lainnya yaitu membawa isu penyetaraan lisensi tingkat nasional untuk dikonversi ke level AFC. Rencananya, PSSI akan bertemu dengan AFC untuk membahas dua persoalaan tersebut pada awal Februari 2017.


Editor : Estu Santoso
Sumber : -


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X