Los Biris, Suporter Garis Keras yang Merugikan Sevilla

By Kamis, 2 Februari 2017 | 02:06 WIB
Luciano Vietto berhadapan dengan Recio dalam pertandingan La Liga antara Sevilla kontra Malaga di Ramon Sanchez Pizjuan, 17 Desember 2016.
CRISTINA QUICLER/AFP PHOTO
Luciano Vietto berhadapan dengan Recio dalam pertandingan La Liga antara Sevilla kontra Malaga di Ramon Sanchez Pizjuan, 17 Desember 2016.

Sevilla terancam untuk melakukan satu pertandingan dengan sebagian Stadion Ramon Sanchez Pizjuan ditutup. Artinya, Sevilla akan melakukan laga dengan tidak dihadiri suporternya. Hal itu gara-gara ulah Los Biris, kelompok suporter ultras klub asuhan Jorge Sampaoli itu.

Penulis: Dian Savitri

Federasi Sepak Bola Kerajaan Spanyol (RFEF) mengambil keputusan itu karena adanya chant atau nyanyian yang bernada ofensif dari Los Biris, suporter garis keras Sevilla.

Sevilla diberi kesempatan selama 10 hari untuk melakukan banding atas keputusan itu, dimulai 26 Januari lalu. Nyanyian itu terdengar ketika Sevilla menjamu Malaga, 17 Desember tahun lalu.

Menurut rilisnya, Komisi Pertandingan RFEF menganggap nyanyian itu sebagai pelanggaran yang sangat serius. Sevilla sudah sering didenda, tapi hal itu tidak juga menghilangkan tindakan tersebut.

"Hukuman denda tidak ada gunanya. Karena itu, kami mengusulkan Sevilla bermain tanpa dihadiri suporternya untuk satu pertandingan. Stadion Ramon Sanchez Pizjuan akan ditutup sebagian untuk laga itu,” demikian pernyataan RFEF, seperti diungkapkan oleh situs Super Sport.

RFEF menilai chant yang dilontarkan Los Biris itu tidak bernada rasis, tapi tetap saja tidak sopan. Karena ulah kelompok tersebut, Sevilla sudah sering menerima denda sebagai hukuman.

Pada 2015, ada proposal untuk Sevilla melakukan pertandingan tertutup sebanyak delapan laga karena insiden ketika menjamu Athletic Bilbao. Akan tetapi, hukuman itu lantas dikurangi dengan denda uang sebanyak 75.000 euro.

Klub juga menjadi sorotan setelah adanya offensive chant yang ditujukan kepada kapten Real Madrid, Sergio Ramos, ketika Madrid bertandang ke Sanchez Pizjuan untuk menjalani laga perdelapan final leg II Copa del Rey, 12 Januari lalu.

Jose Castro Carmona, Presiden Sevilla, mengeluh klub tidak bisa berbuat banyak terhadap perbuatan suporter.


Editor : Beri Bagja
Sumber : Tabloid BOLA No.2.738


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X