Transfer Premier League; Everton Beli, Chelsea Jual

By Sabtu, 4 Februari 2017 | 10:43 WIB
Dua pemain Everton, Morgan Schneiderlin (kiri) dan Ademola Lookman, merayakan kemenangan tim mereka atas Manchester City dalam laga Premier League di Stadion Goodison Park, Liverpool, 15 Januari 2017.
ALEX LIVESEY/GETTY IMAGES
Dua pemain Everton, Morgan Schneiderlin (kiri) dan Ademola Lookman, merayakan kemenangan tim mereka atas Manchester City dalam laga Premier League di Stadion Goodison Park, Liverpool, 15 Januari 2017.

Bursa transfer musim dingin telah berlalu. Pengaruh pemain baru masih harus menunggu, tapi setidaknya beberapa kubu mengisyaratkan keunggulan di bursa.

Penulis: Christian Gunawan

Everton menjadi pusat perhatian pada paruh pertama Januari. Dengan keberadaan mantan kepala pemandu bakat Leicester di posisi direktur olahraga, Steve Walsh, Toffees berharap menjiplak kesuksesan The Foxes mendatangkan beberapa andalan yang berandil dalam gelar tahun lalu.

Hasilnya, Everton menggamit beberapa nama yang berpotensi memperkuat tim. Morgan Schneiderlin, yang kehilangan tempat di Manchester United, menambah dimensi defensif di lini tengah Toffees sekaligus menghilangkan ketergantungan terhadap Idrissa Gueye.

Untuk serangan, Everton bisa berharap mengikis ketergantungan pada Romelu Lukaku dengan menggaet Ademola Lookman dari Charlton. Kedua pemain menguras dana sekitar 31 juta pounds.

Burnley kemudian menyita perhatian menjelang berakhirnya tenggat. The Clarets mengukir rekor pembelian dalam rupa Robbie Brady. Striker yang bisa bermain di posisi bek kiri ini dibeli dari Norwich.

Southampton juga menarik atensi di hari terakhir usai memboyong Manolo Gabbiadini dari Napoli. Sang penyerang dihargai 14 juta pounds dan diharapkan menaikkan produktivitas.

Soton hanya membuat 23 gol, cuma lebih baik daripada dua klub zona relegasi.

Bongkar

Keberhasilan di bursa transfer tak melulu soal mendatangkan pemain. Penjualan pemain, teristimewa mereka yang tidak lagi masuk rencana pelatih, juga bisa disebut sebagai kesuksesan.

Chelsea akan mudah masuk kategori terakhir itu setelah melego Oscar dengan harga mahal, 51 juta pounds, ke Shanghai SIPG. John Obi Mikel juga dilepas tanpa biaya transfer ke Tianjin.

The Blues pun masih dapat menambah 5,5 juta usai mengirim striker muda, Patrick Bamford, ke Middlesbrough.

Man United pun tergolong sukses untuk kategori itu. Selain Schneiderlin, Jose Mourinho bisa menguangkan Memphis Depay ke Lyon senilai 16 juta pounds.

Seturut ketiadaan aktivitas pembelian, Mou tampak bisa merealisasikan niat merampingkan tim.

[video]http://video.kompas.com/e/5303681813001_v1_pjuara[/video]


Editor : Beri Bagja
Sumber : Tabloid BOLA No.2.739


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X