Transfer Real Madrid; Carjavals, Bukan Silvas

By Rabu, 8 Februari 2017 | 15:03 WIB
Dari kiri ke kanan: Dani Carjaval, Casemiro, dan Lucas Vazquez, cemerlang setelah disekolahkan Real Madrid ke klub-klub lain.
GETTY IMAGES
Dari kiri ke kanan: Dani Carjaval, Casemiro, dan Lucas Vazquez, cemerlang setelah disekolahkan Real Madrid ke klub-klub lain.

Peran legiun muda jebolan La Fabrica tak bisa dilepaskan dari kesuksesan Real Madrid menjuarai dua titel Liga Champions dalam tiga tahun terakhir. Meski begitu, Los Merengues butuh perjalanan panjang dan kebijakan khusus sebelum memutuskan untuk menetaskan Dani Carvajal dkk.

Penulis: Sapto Haryo Rajasa

Berbeda dengan musim-musim sebelumnya, terhitung 2013-2014 skuat Real Madrid dihuni pemain-pemain muda dengan jumlah yang jauh lebih banyak.

Selain Carvajal, ada Casemiro, Alvaro Morata, Jese Rodriguez, Denis Cheryshev, Lucas Vazquez, Marcos Asensio, Mariano Diaz, hingga Marcos dan Diego Llorente.

Artinya, pemain-pemain muda ini memiliki kualitas mumpuni sehingga dianggap layak merumput di tim inti.

Tak seperti pada era Los Galacticos I di awal 2000-an, di mana Oscar Minambres, Borja Fernandez, Alex Perez, Cecar Navas, hanya sesekali saja diberi kepercayaan mengoleksi menit main.

Mungkin satu-satunya nama yang mewakili cantera Madrid di masa itu adalah Francisco Pavon, yang muncul belakangan setelah Raul Gonzalez dan Guti Hernandez.

Saking langkanya wakil La Fabrica dalam skuat, sampai-sampai Pavon dijadikan perlambang cantera dengan sebutan Pavones.

Kebijakan berlabel Zidanes and Pavones, yang mewakili pemain bintang dan pemain akademi, tak bisa dibilang berhasil. Yang ada, kebijakan untuk melibatkan para cantera justru terkesan agak dipaksakan.


Alvaro Morata merayakan golnya dalam pertandingan La Liga antara Real Madrid dan Athletic Bilbao di Estadio Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, 23 Oktober 2016. (GONZALO ARROYO MORENO/GETTY IMAGES)


Editor : Beri Bagja
Sumber : Tabloid BOLA No.2.740


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X