Fachri Husaini, Selektif Memilih Daerah untuk Persiapan Timnas U-16

By Kamis, 9 Februari 2017 | 10:02 WIB
Mantan kapten timnas Indonesia, Fachri Husaini, saat ditemui di Kongres Tahunan PSSI di Hotel Aryaduta Bandung, Minggu (8/1/2017).
SUCI RAHAYU/JUARA.NET
Mantan kapten timnas Indonesia, Fachri Husaini, saat ditemui di Kongres Tahunan PSSI di Hotel Aryaduta Bandung, Minggu (8/1/2017).

"Hari ini bukan hari yang baik karena mengabarkan berita destruktif. Ada pemain-pemain yang sudah mengikuti pelatnas sejak setahun lalu dan talent scouting ke 25 provinsi menjadi sia-sia. Mereka tak bisa tampil di ajang regional AFF maupun AFC pada level Asia."

Penulis: Kukuh Wahyudi

Kata-kata menyayat hati itu meluncur deras dari bibir Tommy Welly selaku juru bicara PSSI di kantor PSSI, Senayan, Jumat, 12 Juni 2015.

Di sampingnya, duduk lemas sesosok pria paruh baya dengan penuh kepahitan di raut mukanya mendengarkan dengan seksama.

Dia adalah Fachri Husaini, pelatih kepala timnas U-16 dan U-19, yang tidak lain merupakan dua tim seperti dimaksud oleh Tommy.

Tim yang tak bisa tampil di Piala AFF U-16 dan U-19 2015 serta Kualifikasi Piala AFC U-16 dan U-19.

Momen itu tak bisa dibuang dari memori kepala Fachri. Perjuangannya dan 15 staf pelatih lain selama setahun membentuk timnas yang tangguh harus kandas akibat Indonesia dijatuhi sanksi FIFA, yang membuat Indonesia dikucilkan dari pergaulan internasional.

Kini, kesempatan kedua hadir. Fachri ditunjuk PSSI lagi untuk menangani timnas U-16, yang akan berlaga di Piala AFF U-16 2017 di Bangkok, Thailand, Juli. Pelatih kelahiran Lhokseumawe, Aceh, 51 tahun silam itu, pun menyambut antusias ajakan PSSI.

Program jangka pendek, menengah, hingga panjang telah rapih disusun dalam buka catatannya.

Awal pekan ini, dirinya mempresentasikan program tersebut ke jajaran pengurus PSSI sekaligus menandatangani kontrak.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X