Hanif Sjahbandi, Menghafal Angka dalam Bahasa Jawa demi Adaptasi

By Ovan Setiawan - Rabu, 8 Februari 2017 | 16:50 WIB
Senyum gelandang berbakat milik Arema, Hanif Sjahbandi saat peluncuran jersey terbaru klubnya untuk musim 2017 di Malang, Sabtu (4/2/2017).
SUCI RAHAYU/JUARA.NET
Senyum gelandang berbakat milik Arema, Hanif Sjahbandi saat peluncuran jersey terbaru klubnya untuk musim 2017 di Malang, Sabtu (4/2/2017).

Pemain sepak bola tidak hanya dihadapkan pada adaptasi teknik saat pertandingan atau latihan bersama tim baru. Mereka juga harus menyesuaikan kultur di klub baru untuk mempercepat adaptasi, tak terkecuali yang dilakukan oleh pemain muda Arema FC, Hanif Sjahbandi.

Khusus untuk adaptasi dari sisi bahasa, pemain yang sebelumnya membela Persiba Balikpapan ini memiliki cara unik, yakni dengan menghafalkan angka dalam bahasa Jawa.

Dalam beberapa kesempatan, dia mulai menghafal angka mulai dari satu hingga ratusan.

"Siji, loro, telu, papat, limo, enem, pitu, ya awalnya agak susah sih," ungkap Hanif coba menghafal angka.

Bagi Hanif, adaptasi soal bahasa dianggap sangat penting demi kelancaran komunikasi dengan rekan-rekannya karena banyak yang berasal dari Malang.

"Ya ini buat adaptasi, komunikasi biar enak sama teman-teman," tuturnya.

Bisa jadi menghafal angka dalam bahasa Jawa bagi Hanif lebih sulit daripada Bahasa Inggris yang sudah ia kuasai.

Baca Juga:

Beruntung untuk adaptasi dalam bahasa Jawa, Hanif banyak didukung oleh para kolega, terutama rekannya, Bagas Adi Nugroho, yang asli Sleman. 

Mereka pernah bersama-sama baik saat di tim nasional maupun saat menjalani trial di klub Jepang, yang kini sama-sama berkostum tim Arema FC.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : -


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X