Eropa Minta Tambah Kuota di Piala Dunia 2026

By Lariza Oky Adisty - Jumat, 10 Februari 2017 | 07:01 WIB
Ekspresi Presiden FIFA, Gianni Infantino, saat menghadiri jumpa pers menjelang pengundian Piala Konfederasi 2017 di Kazan, Rusia, 26 November 2016.
ROMAN KRUCHININ/AFP
Ekspresi Presiden FIFA, Gianni Infantino, saat menghadiri jumpa pers menjelang pengundian Piala Konfederasi 2017 di Kazan, Rusia, 26 November 2016.

Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, meminta FIFA memberikan 16 tempat untuk tim Eropa di Piala Dunia 2026. Permintaan tersebut sejalan dengan keputusan FIFA menambah jumlah peserta turnamen tersebut menjadi 48 negara.

Pada Piala Dunia 2014, benua Eropa diwakili 13 negara. Salah satunya, Jerman, menjadi pemenang di ajang yang berlangsung di Brasil itu.

Aleksander Ceferin mengajukan proposal tersebut dalam pertemuan Komite Eksekutif UEFA di Nyon, Swiss, dan langsung disetujui oleh para anggota komite.

Selain itu, UEFA meminta FIFA menempatkan semua peserta Eropa yang lolos di grup yang terpisah.

Menurut Ceferin, permintaannya tersebut sah-sah saja. Dia juga mengungkapkan keinginan agar semua tim Eropa bisa lolos ke putaran kedua.

Seperti diketahui, FIFA memutuskan menambah jumlah peserta Piala Dunia menjadi 48 negara.

Keputusan tersebut dicapai pada Januari 2017 lalu. Ke-48 peserta nantinya akan dibagi ke dalam 16 grup yang berisi tiga negara.

Nantinya, tiap grup akan meloloskan dua negara.

Penambahan jumlah kontestan juga berpengaruh ke jumlah pertandingan yang akan dimainkan, dari 64 pertandingan ke 80 yang akan berlangsung selama 32 hari.

Presiden FIFA, Gianni Infantino, mengatakan bahwa keputusan itu diambil untuk memberi kesempatan lebih bagi negara di luar benua Eropa dan Amerika Selatan.


Editor : Estu Santoso
Sumber : BBC Sports


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

TERPOPULER

Close Ads X