Pro Kontra Tindakan Pemain Ajax yang Dianggap Tidak Sportif

By Riemantono Harsojo - Senin, 13 Februari 2017 | 13:28 WIB
Bek Ajax Amsterdam, Joel Veltman, beraksi pada laga Eredivisie kontra ADO Den Haag di Amsterdam Arena pada 29 Januari 2017.
DEAN MOUHTAROPOULOS/GETTY IMAGES
Bek Ajax Amsterdam, Joel Veltman, beraksi pada laga Eredivisie kontra ADO Den Haag di Amsterdam Arena pada 29 Januari 2017.

AMSTERDAM, JUARA.net Bek kanan Ajax Amsterdam, Joel Veltman, disorot publik Eropa karena perilaku tidak sportifnya dalam pertandingan Liga Belanda.

Dalam pertandingan lanjutan Liga Belanda antara Ajax melawan Sparta Rotterdam di Amsterdam Arena pada Minggu 12 Februari 2017, Veltman mengambil manfaat dari tindakannya yang menipu lawan.

Pada menit ke-50, penyerang kanan Ajax, Bertrand Traore, terjatuh setelah bertabrakan dengan penyerang lawan, Ivan Calero, saat melakukan pergerakan tanpa bola untuk melakukan permainan satu dua di sektor kiri pertahanan Sparta.

Namun, wasit tidak meniup pluit tanda telah terjadi pelanggaran. Laga tetap dilanjutkan.

Bola operan Traore jatuh di kaki Lasse Schone. Gelandang Denmark ini kemudian melepas bola kepada Veltman di sisi kiri pertahanan Sparta.

Melihat Traore masih belum bangkit, sambil mengontrol bola tangan Veltman menunjuk ke arah rekannya yang masih tergeletak itu, memberi isyarat agar laga dihentikan.

Calero yang mencoba menutup ruang pergerakan Veltman terpengaruh. Dia menoreh ke belakang.

Melihat Calero menengok ke belakang, bek kanan Ajax itu langsung menggiring bola ke arah kotak penalti dan kemudian melepas umpan tarik yang tidak berbuah gol.

Fan Ajax di Amsterdam Arena bersorak gembira menyaksikan kelicikan pemainnya. Namun, di mata media-media Eropa perilaku tersebut dinilai tidak sportif.

Media Inggris, Daily Mail, sampai menyebut perilaku sportif telah mati di Liga Belanda.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Algemeen Dagblad. Voetbal Primeur


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X