Kalah Banding, Bulu Tangkis Inggris Raya Terancam Absen pada Olimpiade 2020

By Diya Farida Purnawangsuni - Selasa, 21 Februari 2017 | 16:30 WIB
Pasangan ganda putra Inggris Raya, Marcus Ellis (kiri)/Chris Langridge, saat bertanding melawan Chai Biao/Hong Wei (China) pada laga perebutan medali perunggu Olimpiade Rio di Riocentro, Rio de Janeiro, Brasil, 18 Agustus 2016.
BEN STANSALL/AFP PHOTO
Pasangan ganda putra Inggris Raya, Marcus Ellis (kiri)/Chris Langridge, saat bertanding melawan Chai Biao/Hong Wei (China) pada laga perebutan medali perunggu Olimpiade Rio di Riocentro, Rio de Janeiro, Brasil, 18 Agustus 2016.

Bulu tangkis Inggris Raya (GB Badminton) terancam absen pada Olimpiade Tokyo 2020. Hal ini terjadi setelah mereka kalah banding atas penghapusan anggaran dari Badan Olahraga Inggris (UK Sport).

UK Sport mengucurkan dana sebesar 5,7 juta poundsterling atau sekitar Rp 94 miliar selama periode 2012-2016. Dari anggaran tersebut, UK Sport berharap bulu tangkis di negara mereka bisa bersinar.

Namun, harapan itu dinilai tidak memenuhi target. Pada Olimpiade Rio 2016, Inggris Raya hanya bisa meraih medali perunggu melalui pasangan ganda putra Marcus Ellis/Chris Langridge.

Pandangan berbeda disampaikan kubu GB Badminton. Menurut mereka, bulu tangkis Inggris Raya sudah berada di jalur untuk memenangi lebih banyak medali pada Olimpiade Tokyo.


Pasangan ganda putra Inggris Raya, Marcus Ellis (kiri)/Chris Langridge, berpose dengan medali perunggu yang mereka raih pada Olimpiade Rio di Riocentro, Rio de Janeiro, Brasil, 19 Agustus 2016.(GOH CHAI HIN/AFP PHOTO)

"Berdasarkan kekuatan bukti prestasi, kami mampu bertanggung jawab atas investasi yang sudah diberikan," demikian pernyataan resmi GB Badminton yang dilansir BBC, Selasa (21/2/2017).

"Kami tidak percaya UK Sport menyimpulkan bahwa mereka harus tetap dengan keputusan mereka dan tidak memberi kami sepeser pun untuk program GB Badminton," tulis GB Badminton.

"Kami punya pemain yang berada di jalur untuk memenangi medali-medali pada Olimpiade Tokyo 2020 dan keyakinan kami terhadap mereka tidak berubah. Kami akan mengambil waktu untuk memikirkan langkah selanjutnya," tulis GB Badminton.

Bulu tangkis bukan satu-satunya cabang olahraga yang kehilangan pendanaan dari UK Sport. Selain bulu tangkis, cabang panahan, goalball, anggar, tenis meja, angkat besi, dan rugby kursi roda juga menerima nasib sama.


Editor : Delia Mustikasari
Sumber : BBC


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X