Tony Mowbray Jadi Manajer Baru Blackburn

By Dian Savitri - Kamis, 23 Februari 2017 | 15:02 WIB
Tony Mowbray, semasa menjadi manajer Coventry City, memperhatikan permainan tim asuhannya ketika dijamu Swindon Town di laga League One, di The County Ground, Swindon, 24 Oktober 2015.
Harry Trump/Getty Images
Tony Mowbray, semasa menjadi manajer Coventry City, memperhatikan permainan tim asuhannya ketika dijamu Swindon Town di laga League One, di The County Ground, Swindon, 24 Oktober 2015.

baik Owen Coyle pada 21 Februari 2017 dan sudah menunjuk penggantinya satu hari kemudian. Orang itu adalah Tony Mowbray, yang menurut kontrak akan berada di Ewood Park selama 18 bulan.

Coyle resmi ditunjuk pertama kali sebagai manajer Blackburn pada 2 Juni 2016. Manajer asal Skotlandia itu menggantikan sosok asal Skotlandia lainnya, Paul Lambert.

Selama 264 hari Coyle menangani Blackburn, yang dilalui dengan 37 laga di semua ajang (11 menang, 8 seri, dan 18 kalah) dengan poin rata-rata hanya 1,11. Angka itu lebih rendah dibanding poin per gim milik Lambert, yaitu 1,33.

Berada di zona degradasi Divisi Championship sejak awal musim, Coyle dilepas setelah Blackburn dipastikan juga gagal meneruskan perjalanan di Piala FA, setelah kalah 1-2 dari Manchester United pada Babak V, 19 Februari lalu.

Tim kepelatihan Coyle juga dilepas oleh Blackburn. Mereka adalah asisten manajer, Sandy Stewart, pelatih tim inti, John Henry, dan pelatih kiper, Phil Hughes.

Pengganti Coyle, Mowbray, terakhir kali menangani Coventry City pada 4 Maret 2015 hingga 29 September 2016. Setelah itu, manajer asal Inggris berusia 53 tahun itu menjalani kehidupan di rumah.

“Saya berada di rumah, bersama istri dan anak-anak. Namun rupanya, virus sepak bola selalu ada di dalam tubuh saya. Dan, saya kembali lagi bekerja dengan para pemain, berbincang dengan mereka,” kata Mowbray, seperti dikutip dari situs resmi Blackburn.

Pada hari setelah ditunjuk, 22 Februari, Mowbray langsung berbincang dengan para pemain dan berharap para pemain bisa ikut merasakan emosi dan gairah yang dibawa Mowbray ke pertandingan.

“Saya mau mereka banyak bertanya, datang ke lapangan latihan dengan penuh cinta. Saya ingin mereka merasakan ‘wow, kami datang untuk belajar dan menjadi pemain yang lebih baik’,” demikian ungkap eks manajer Middlesbrough, Celtic, West Brom, Hibernian, dan Ipswich Town itu.

Bersama Mowbray, hadir pula dua orang yang akan membantunya melatih Blackburn. Mereka adalah kepala sekolah akademi pelatih Blackburn, David Lowe, yang kemudian akan menjadi asisten untuk Mowbray. Sosok lainnya adalah eks gelandang Blackburn, Davud Dunn, yang dipercaya sebagai pelatih tim inti.

Setelah makan siang Rabu pada hari itu juga, Mowbray langsung melakukan latihan perdana bersama para pemain. Pertandingan perdana untuk Mowbray bersama Blackburn adalah bertandang ke Burton Albion, Jumat (24 Februari).


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Blackburn Rovers Official Site


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X