Putaran Kedua Proliga Jadi Penentuan ke 'Final Four'

By Kamis, 2 Maret 2017 | 18:16 WIB
Perwakilan Tim berpose dengan PBVSI menjelang putaran kedua seri I Proliga 2017 pada konferensi pers di Gresik, Kamis (2/3/2017).
PP PBVSI
Perwakilan Tim berpose dengan PBVSI menjelang putaran kedua seri I Proliga 2017 pada konferensi pers di Gresik, Kamis (2/3/2017).

Putaran kedua Proliga 2017 menjadi penentuan bagi tim-tim peserta untuk menembus persaingan babak empat besar (final four).

Putaran kedua akan digelar di tiga kota yakni Gresik, Surabaya, dan Malang. Pada seri pertama di GOR Tridarma, Gresik, 3-5 Maret, persaingan diperkirakan bakal berlangsung lebih sengit.

Menurut Direktur Proliga, Hanny S Surkatty, pada musim kompetisi yang sudah memasuki tahun ke-16 ini, kemenangan sangat penting bagi klub-klub Proliga.

"Kemenangan menjadi penilaian pertama dalam menentukan peringkat. Dulu, untuk menentukan peringkat pertama adalah poin atau nilai," ujar Hanny dalam siaran pers, Kamis (2/3/2017).

Dalam peraturan baru Federasi Bola Voli Internasional (FIVB), jumlah kemenangan menjadi penentu utama dalam penyusunan peringkat.

Misalnya, ada tim yang memiliki poin tujuh dengan dua kemenangan, sedangkan tim lainnya memiliki nilai enam, tetapi dengan tiga kemenangan. Tim yang lebih tinggi peringkatnya adalah tim yang meraih tiga kali kemenangan.

"Dengan adanya peraturan baru ini tim tidak hanya ingin segera maraup poin, tetapi juga kemenangan. Makanya, persaingan lebih seru dan menarik untuk diikuti," ucap Hanny.

Menjelang putaran kedua seri I, seluruh tim masih diberi kesempatan mengganti pemain atau satu hari sebelum pertandingan digelar di Gresik.


Pelatih Gresik Petrokimia, Li Huanning (kiri) berbicara dalam konferensi pers setelah menghadapi Bandung Bank BJb. Dia didampingi pemain asal Amerika Serikat, Halley Dora Spelman, pada seri 1 Proliga 2017 di GOR Ken Arok, Malang, Jumat (27/1/2017).(SUCI RAHAYU/JUARA.NET)

"Setelah itu, semua tim tidak boleh lagi mengganti pemainnya," tutur Hanny.

Selain itu, seluruh tim wajin memiliki pemain asing minimal satu dan maksimal dua pemain. Setiap tim, diperbolehkan mengganti tiga pemain, termasuk satu pemain asing.


Editor : Delia Mustikasari
Sumber : PBVSI


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X