Juara Klasik 2 Maret 2002, 15 Tahun Gol Ajaib Dennis Bergkamp

By Verdi Hendrawan - Kamis, 2 Maret 2017 | 21:02 WIB
Striker Arsenal, Dennis Bergkamp (kanan), adu lari dengan bek Newcastle United, Andy O'Brien, saat kedua tim berlaga di ajang FA Barclaycard Premiership 2001-2002 di Stadion St James Park, Newcastle, pada 2 Maret 2002.
LAURENCE GRIFFITHS/GETTY IMAGES
Striker Arsenal, Dennis Bergkamp (kanan), adu lari dengan bek Newcastle United, Andy O'Brien, saat kedua tim berlaga di ajang FA Barclaycard Premiership 2001-2002 di Stadion St James Park, Newcastle, pada 2 Maret 2002.

Pada 2 Maret 2002 atau tepat 15 tahun silam di Stadion Saint James' Park, lahir sebuah gol ajaib dari teknik tinggi milik Dennis Bergkamp. Gol itu bahkan sempat disebut-sebut sebagai salah satu lesakan terbaik yang pernah dicetak pemain Arsenal.

Banyak cerita setiap kali berbicara tentang memilih gol terbaik yang pernah tercipta di Premier League. Meski sudah tak terhitung lagi berapa banyak gol indah yang pernah terjadi, ada beberapa di antaranya yang masih menjadi buah bibir hingga saat ini.

Salah satu yang masih banyak dikenang adalah gol Dennis Bergkamp pada menit ke-11 ke gawang Newcastle United pada pekan ke-28 Premier League 2001-2002. Gol tersebut adalah salah satu penentu kemenangan 2-0 The Gunners pada laga tersebut.

Kala itu, Bergkamp menerima operan "biasa" dari Robert Pires. Namun, umpan yang tidak membahayakan pertahanan Newcastle itu berhasil disulap menjadi peluang emas oleh pemain asal Belanda itu hanya dengan dua sentuhan.

Dengan membelakangi bek Newcastle, Nikos Dabizas, secara cerdik, Bergkamp melakukan sedikit sentuhan dengan kaki kirinya untuk membuat bola melintas di sisi kanan lawan.

Ia menyambut bola sentuhannya itu sambil memutar badan sebelum menaklukkan kiper The Magpies saat itu, Shay Given.

Baca Juga:

Satu gol Arsenal lainnya pada pertandingan ini dicetak oleh Sol Campbell pada menit ke-41.

"Sembilan meter sebelum bola datang, saya mengambil keputusan untuk memutar badan melewati bek lawan. Saya pikir bola operan Pires agak berada di belakang saya, jadi saya harus berputar untuk kembali mengontrol bola," kata Bergkamp.

"Setelah itu, saya hanya berusaha mengarahkan bola ke sudut yang tidak dapat dijangkau kiper. Bagi saya, gol tersebut merupakan salah satu yang terpenting," tuturnya.


Editor : Estu Santoso
Sumber : -


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X