Sorot Barcelona, Kepergian Enrique Tak Akan Pengaruhi Bintang

By Rabu, 8 Maret 2017 | 12:14 WIB
Dari kiri ke kanan: Luis Suarez, Ivan Rakitic, Marc-Andre Ter Stegen, kecil peluang ikut meninggalkan Barcelona bersama pelatih Luis Enrique.
GETTY IMAGES
Dari kiri ke kanan: Luis Suarez, Ivan Rakitic, Marc-Andre Ter Stegen, kecil peluang ikut meninggalkan Barcelona bersama pelatih Luis Enrique.

Luis Enrique mengaku kelelahan melatih Barcelona. Barangkali bukan didominasi keletihan fisik mengingat sang bos Barcelona itu adalah penggila olahraga penguras stamina.

Penulis: Rizki Indra Sofa

Rekam jejak Luis Enrique luar biasa kalau tak mau disebut gila.

Enrique pernah berpartisipasi di New York Marathon; Quebrantahueso Gran Fondo (QBH), olahraga gila bersepeda 200 km di Pegunungan Pyrenees; Frankfurt Ironman (10 jam triatlon); sampai Sables Marathon (255 km melalui gurun Maroko dengan menggendong beban 10 kg!).

Tapi, di antara hal itu semua, tak ada yang lebih melelahkan dibandingkan duduk di ruang kerja, beberapa jam di sesi latihan, serta beraksi di tepi lapangan, memikirkan caranya dan memandu para pemain Barcelona supaya tetap berprestasi.

Kegemaran Enrique berolahraga gila barangkali menunjukkan karakternya yang fokus, pekerja keras, ulet, tapi memilih olahraga individual, yang solusi semua problemnya mungkin hanya bisa ditemukan atau muncul dari diri sendiri.

Di Barcelona, dia tak bisa seperti itu. Dia adalah pemimpin dari pemain-pemain kelas dunia, baik itu yang sudah lebih dulu berada di klub maupun didatangkan pada eranya.

Mereka punya ego masing-masing dan tugas Enrique untuk memastikan segalanya berjalan baik.


Pelatih FC Barcelona, Luis Enrique, menghadiri konferensi pers di Stade de France, Senin (13/2/2017), menjelang laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions kontra Paris Saint-Germain.(CHRISTOPHE SIMON/AFP)

Lebih melelahkan ternyata ketimbang petualangan dari New York, Pyrenees, Frankfurt, sampai ke Maroko. Masalah datang silih berganti di Barcelona, tapi dengan opsi jalan keluar terbatas.

Pengaruh Bintang

Dalam kamus Barcelona, siapa pun pelatih, kesuksesan haruslah datang secara instan. Kekuatan skuat, dengan Lionel Messi sebagai megabintang, memungkinkan hal itu terjadi.

Baca Juga:

Begitu pula dengan kasus Enrique. Saat dia menggantikan Gerardo Martino, tim Barca sudah sangat kuat.

Tapi, Enrique paham Barcelona sedang bergerak, pelan-pelan mencari metode baru dari tiki-taka yang sudah menjadi trademark klub sebelum era Pep Guardiola.

Karena alasan itu, Enrique menjadi salah satu pelatih paling boros di Camp Nou.

Ia menghabiskan sekitar 343 juta euro (setara 1,6 triliun rupiah), atau 114 juta euro per tahun, untuk investasi pemain baru di posisi-posisi yang dicap sebagai kelemahan Blaugrana.

Musim pertamanya bertanggung jawab di Camp Nou, manajemen Barcelona mengeluarkan hampir 170 juta euro buat membeli Luis Suarez (82 juta euro), Jeremy Mathieu (20), Thomas Vermaelen (19), Ivan Rakitic (18), Claudio Bravo (12), Marc-Andre Ter Stegen (12), sampai Douglas Costa (4).


Editor : Beri Bagja
Sumber : Tabloid BOLA No. 2.748


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X