Arema FC Tenang setelah Penuhi Persyaratan AFC

By Jumat, 10 Maret 2017 | 13:24 WIB
Skuat inti Arema FC jelang laga kontra Persija Jakarta pada laga kedua Grup B penyisihan Piala Presiden 2017 di Stadion Kanjuruhan, Kab Malang pada 11 Februari 2017.
SUCI RAHAYU/JUARA.NET
Skuat inti Arema FC jelang laga kontra Persija Jakarta pada laga kedua Grup B penyisihan Piala Presiden 2017 di Stadion Kanjuruhan, Kab Malang pada 11 Februari 2017.

Arema FC adalah satu di antara tiga klub di Indonesia yang berhasil memenuhi lima syarat wajib federasi sepak bola Asia (AFC). Hal itu menjadi modal berharga Singo Edan untuk bersaing meraih gelar juara dan merebut jatah kompetisi antarklub Asia.

Penulis: Ovan Setiawan

Ada lima aspek yang ditetapkan AFC, yaitu legalitas, finansial, administrasi, infrastruktur, dan pembinaan usia muda. Arema berhasil memenuhi seluruh standar sekaligus syarat mutlak agar bisa berlaga di ajang internasional.

Terpenuhinya standar AFC tidak lepas dari pengalaman Arema yang beberapa kali berlaga di Liga Champion Asia dan AFC Cup. Pihak AFC memang melakukan survei sebelum menentukan layak atau tidak klub mengikuti kedua ajang tersebut.

Arema pertama kali mengikuti ajang resmi di Asia pada musim 1993-1994 setelah menjuarai kompetisi Galatama 1992-1993.

Setelah lolos dari babak kualifikasi, langkah Singgih Pitono dkk langsung terhenti di babak pertama.

Selanjutnya pada 2011, usai menjadi juara ISL, Arema berlaga di Liga Champion Asia, tapi tidak lolos fase grup. Pada Piala AFC 2014, Arema mencapai babak 16 besar.

Baca Juga: Terpilih Jadi Atlet Favorit AORI XXIX, Ini Komentar Boaz Solossa

“Sebenarnya ada hikmahnya saat dulu Arema berlaga di ajang internasional, seperti Liga Champion Asia atau AFC Cup. Salah satunya adalah club licensing sebagai syarat mutlak yang harus dipenuhi,” kata media officer Arema FC, Sudarmaji.

Menurut Sudarmaji, memenuhi standar tidak bisa dilakukan secara instan, tapi Arema terus berproses sehingga satu per satu syarat bisa dipenuhi.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X