Sorot Barcelona, Peluang Lolos ke Perempat Final 0 Persen!

By Kamis, 9 Maret 2017 | 00:45 WIB
Para pemain Barcelona tertunduk lesu setelah tim mereka menderita gol dari Paris Saint-Germain dalam laga Liga Champions di Stadion Parc des Princes, Paris, 14 Februari 2017.
CLIVE ROSE/GETTY IMAGES
Para pemain Barcelona tertunduk lesu setelah tim mereka menderita gol dari Paris Saint-Germain dalam laga Liga Champions di Stadion Parc des Princes, Paris, 14 Februari 2017.

Kekalahan 0-4 dari Paris Saint-Germain di pertandingan pertama, 14 Februari, membuat Barcelona menghadapi misi mustahil menatap leg II babak 16 besar Liga Champions, Rabu (8/3/2017) di Camp Nou.

Penulis: Dwi Widijatmiko

Sebelum ini, dalam dua pertemuan terakhir melawan PSG di fase knock-out LC, Barcelona selalu muncul sebagai pemenang. Tapi, kali ini gunung yang harus didaki Blaugrana mungkin terlalu terjal.

Untuk bisa lolos ke perempat final, Barca harus menang minimal dengan skor 5-0. Sejarah sebut peluang pasukan Luis Enrique untuk merealisasikan misi itu adalah 0 persen!

Sepanjang sejarah kompetisi antarklub Eropa, belum pernah ada tim yang bisa lolos ke babak selanjutnya di fase knock-out setelah mengalami kekalahan 0-4 pada leg pertama.

Jika dikerucutkan hanya di fase knock-out (tak termasuk kualifikasi) era LC atau sejak 1992-1993, ada lima kejadian di mana sebuah tim kalah 0-4 pada leg pertama.


Reaksi penyerang FC Barcelona, Lionel Messi (kiri) dan Neymar Jr., dalam partai leg pertama babak 16 besar Liga Champions lawan Paris Saint-Germain di Parc des Princes, Paris, 14 Februari 2017.(CLIVE ROSE/GETTY IMAGES)

Tidak ada di antara klub-klub itu yang kemudian mampu lolos ke babak selanjutnya. Itu termasuk Barcelona sendiri, yang pada semifinal 2012-2013 juga mengalami kekalahan 0-4 dari Bayern Muenchen pada leg pertama di Jerman.

Pada partai kedua, Barcelona yang masih dilatih almarhum Tito Vilanova itu kalah lagi dengan skor 0-3.

Yang paling dekat merealisasikan comeback spektakuler adalah Arsenal di babak 16 besar musim 2011-2012.

Kalah 0-4 dari AC Milan di San Siro pada leg pertama, The Gunners kemudian sudah unggul 3-0 pada babak pertama leg kedua di London. Sayang, tidak ada gol yang tercipta lagi.

Memang ada tiga tim yang tercatat pernah membalikkan defisit empat gol. Mereka adalah Real Madrid di babak III Piala UEFA 1985-1986, Leixoes pada babak I Piala Winner2 1961-1962, dan FK Partizan di babak II Piala UEFA 1984-1985.

Baca Juga:

Madrid ketika itu kalah 1-5 dari Borussia Moengladbach di rumah lawan, tapi kemudian ganti menang 4-0 di partai kandang.

Sementara itu, Leixoes dan Partizan sama-sama takluk 2-6 dari La Chaux-de-Fonds serta Queens Park Rangers di laga away.

Leixoes lantas membalas menang 5-0 di partai kedua, sementara Partizan berbalik menang empat gol tanpa balas.

Tanpa Modal

Lihat apa yang dilakukan oleh ketiga klub itu. Mereka semua “memodali” aksi comeback-nya dengan mencetak gol ketika kalah pada leg pertama di rumah lawan.

Hal itu pula yang diperbuat oleh Deportivo La Coruna sebagai pemegang rekor tim yang bisa membalikkan ketertinggalan terbesar pada leg pertama di era Liga Champions.


Editor : Beri Bagja
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X