Regulasi Liga 1, Setiap Tim Boleh Lima Kali Ganti Pemain!

By Segaf Abdullah - Kamis, 30 Maret 2017 | 01:54 WIB
Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Berlinton Siahaan (kiri) dan CEO PT LIB, Risha Adiwijaya (kanan), saat memberikan keterangan pers di Gedung Makostrad, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (29/3/2017).
SEGAF ABDULLAH/JUARA.NET
Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Berlinton Siahaan (kiri) dan CEO PT LIB, Risha Adiwijaya (kanan), saat memberikan keterangan pers di Gedung Makostrad, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (29/3/2017).

PT Liga Indonesia Baru (LIB), selaku operator Liga 1, bakal menerapkan beberapa regulasi baru. Termasuk, pergantian pemain yang mencapai lima slot.

Hal itu dikatakan oleh CEO PT LIB, Risha Adiwijaya, di Gedung Makostrad, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (29/3/2017).

Piala Presiden 2017 menjadi ajang percobaan regulasi yang akan diterapkan pada Liga 1. Namun, menilik dari turnamen pra-musim tersebut, beberapa adaptasi dan perubahan pun dihadirkan PT LIB.

Pada Piala Presiden alias turnamen yang bukan di bawah naungan FIFA, pergantian pemain disediakan enam slot. Sementara pada Liga 1 yang notabene kompetisi resmi, regulasi tersebut tidak diubah.

"Keputusan ini dibuat agar kualitas kompetisi dapat terjaga. Untung ruginya sudah kami pertimbangkan," kata Risha kepada wartawan.

Baca juga:

Pada Piala Presiden, setiap klub hanya boleh mendaftarkan 18 pemain dalam satu laga. Pada Liga 1, setiap pelatih bisa mencantumkan 20 nama pada daftar susunan pemain.

Untuk peraturan tentang pemain U-23 tidak ada perubahan. Setiap klub wajib memiliki lima pemain dan tiga di antaranya harus bermain minimal dalam 45 menit.

Sementara itu, menyoal pemain asing, meskipun tidak wajib memiliki, klub tetap diberikan jatah tambahan untuk pemain berstatus marquee player.

Jadi, formulasinya menjadi 2 pemain asing non-Asia + 1 pemain asing Asia + 1 marquee player. Untuk Liga 1, PT LIB juga meniadakan water break.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : -


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X