Apa yang Diharapkan Persib dari Carlton Cole?

By Jumat, 31 Maret 2017 | 08:23 WIB
Carlton Cole berfoto bersama Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar, seusai diperkenalkan kepada awak media di Graha Persib, Jl. Sulanjana, Kota Bandung, Kamis (30/3/2017).
FIFI NOFITA/JUARA.NET
Carlton Cole berfoto bersama Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar, seusai diperkenalkan kepada awak media di Graha Persib, Jl. Sulanjana, Kota Bandung, Kamis (30/3/2017).

Carlton Cole menjadi kepingan pemain asing terakhir buat Persib untuk mengarungi Liga 1 musim 2017. Maung Bandung mengukuhkan diri sebagai tim bertabur bintang. Lalu, apa yang diharapkan Maung Bandung dari kehadiran penggawa anyar eks Chelsea itu?

Penulis: Budi Kresnadi/Ferry Tri Adi

Sebelumnya, Persib mengikat eks pemain The Blues juga asal Ghana, Michael Essien. Status gelandang 34 tahun itu marquee player. Berbeda dengan Cole yang berstatus memenuhi kuota pemain asing (2 non-Asia dan 1 Asia).

Pertanyaannya, benarkah Cole merupakan sosok yang dibutuhkan Persib saat ini? Memang Maung Bandung tengah mencari tandem Sergio van Dijk di lini depan. Namun, menilik rekaman kualitas eks West Ham itu, Persib layak khawatir.

Merogoh kocek terlalu dalam untuk Cole bisa saja sia-sia. Tujuh klub yang dibelanya di level senior harus kecewa dengan catatan sang bomber. Striker 33 tahun itu tak pernah mencetak hat-trick dalam karier profesionalnya.

Sejak 2001 hingga 2006 bersama Chelsea, Cole cuma melesakkan enam gol. Selama lima tahun di The Blues, empat tahun di antaranya dihabiskan sebagai pemain pinjaman di Aston Villa (3 gol), Charlton Athletic (4 gol), dan Wolverhampton Wanderers (1 gol).

Artinya, jumlah gol pemain kelahiran Croydon, Inggris, itu selama lima tahun cuma 14 gol!

Koleksi gol terbanyak Cole dicatat ketika dirinya membela West Ham selama sembilan tahun (67 gol). Kalau dihitung rasio gol per pertandingan, Cole terbilang buruk (0,2 gol per gim).

Benarkah kehadiran Cole hanya karena sponsor belaka dan bukan kebutuhan tim? Pasalnya, melihat nilai pasar Cole, sang pemain punya harga sekitar Rp 15 miliar (1,06 juta pound), lebih besar ketimbang Essien (Rp 11 miliar).

Tentu, Persib tak ingin besar pasak dari pada tiang, malah justru menghendaki sebaliknya. Direktur Keuangan PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahyono, menegaskan bahwa perekrutan Cole memang sesuai kebutuhan tim.


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X