Indra Sjafri Ingin Cetak Pemain Berjati Diri Bangsa

By Ferril Dennys Sitorus - Minggu, 2 April 2017 | 17:05 WIB
Para pemain timnas Indonesia U-18 berpose bersama staf pelatih pimpinan Indra Sjafri.
SEGAF ABDULLAH/JUARA.net
Para pemain timnas Indonesia U-18 berpose bersama staf pelatih pimpinan Indra Sjafri.

Pelatih Indra Sjafri mengaku tidak hanya ingin mencetak pemain sepak bola saja. Dia memiliki misi mencetak pemain berjati diri bangsa Indonesia saat membentuk skuad tim nasional U-18.

"Misi kepelatihan saya bukan hanya bikin tukang tendang bola. Saya tegaskan kepada staf bahwa kami harus menyiapkan pemain profesional secara individu maupun tim. Pemain harus berjati diri bangsa Indonesia," kata Indra saat berkunjung ke kantor JUARA, Minggu (2/4/2017).

Demi membentuk pemain berkarakter bangsa, Indra membuat aturan tegas. Pelatih asal Sumatera Barat tersebut melarang para pemain yang mengikuti seleksi bergaya "kebarat-kebaratan"

"Saya pikir jiplakan-jiplakan aneh yang tidak perlu ditiru seperti mengecat rambut dan pakai anting. Saya enggak tahu itu budaya dari mana atau kultur dari mana," tutur Indra.

"Makanya saya tegas. Khususnya pemain dari luar negeri yang mungkin terbias dengan perilaku di luar negeri. Kalau ingin ikut seleksi U-19, tidak ada yang mengecat rambut dan tidak pakai anting. Kalau dia cat rambut saya tidak akan kasih kesempatan untuk ikut seleksi," sambungnya menegaskan.

BACA JUGA: Cerita Yoyo, Pelatih Asal Indonesia yang Latih Klub Liga China

Indra membuat kebijakan tegas ini karena sepak bola tidak lagi semata-mata hanya media yang memamerkan kemampuan si pemain.

"Namun, sepak bola ini menjadi alat pemersatu bangsa dan memperlihatkan jati diri bangsa Indonesia," jelas pelatih yang pernah membesut Bali United tersebut.

Pelatih tim nasional Indonesia U-18, Indra Sjafri, menjelaskan taktik permainan saat berkunjung ke kantor JUARA, Minggu (2/4/2017).
GARRY LOTULUNG/KOMPAS.com
Pelatih tim nasional Indonesia U-18, Indra Sjafri, menjelaskan taktik permainan saat berkunjung ke kantor JUARA, Minggu (2/4/2017).


Editor :
Sumber : -


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X