Toulon Tournament, 'Ayah' bagi Bintang-bintang Kelas Dunia

By Firzie A. Idris - Minggu, 2 April 2017 | 21:07 WIB
Penyerang Portugal, Cristiano Ronaldo, merayakan kemenangan 3-1 negaranya kontra Italia di final Toulon Tournament 2003 di Stadion Mayoral, Toulon, pada 21 Juni 2003.
GERARD JULIEN/AFP
Penyerang Portugal, Cristiano Ronaldo, merayakan kemenangan 3-1 negaranya kontra Italia di final Toulon Tournament 2003 di Stadion Mayoral, Toulon, pada 21 Juni 2003.

Pelatih Indra Sjafri mengutarakan bahwa timnas U-18 akan berpartisipasi di Toulon Tournament pada 29 Mei-10 Juni 2017. Turnamen tersebut adalah salah satu event usia muda bergengsi Eropa yang alumnusnya menjadi pemain internasional dan bahkan legenda negara mereka masing-masing.

Toulon Tournament dikenal juga dengan nama Festival Espoirs de Toulon dan telah bergulir sejak 1967.

Tahun ini akan menjadi pagelaran ke-45 turnamen yang bergulir di selatan Prancis tersebut.

Inggris, yang menurunkan tim U-21 di bawah asuhan Gareth Southgate, menjadi juara bertahan turnamen setelah mengalahkan tuan rumah Prancis 2-1 di final tahun lalu.

Prestasi itu adalah kali pertama mereka menjuarai Toulon Tournament dalam 22 tahun terakhir sejak Jamie Redknapp menjadi kapten tim juara Inggris pada edisi 1994.


Para pemain Inggris U-21 merayakan gol ke gawang Paraguay di Stadion Antoine Baptiste di Six-Fours, Prancis Selatan, pada 25 Mei 2016 sebagai bagian dari ajang Toulon Tournament 2016.(BORIS HORVAT/AFP)

Southgate pun sempat berkomentar mengenai betapa tinggi ia memandang turnamen tahunan tersebut.

"Turnamen ini berbeda dengan Piala Eropa karena ini adalah satu-satunya ajang di mana kami bisa bermain melawan tim-tim dari belahan dunia lain di fase umur ini," ujar Southgate seperti dikutip situs Pitch International, agensi pemasaran olahraga yang bekerjasama dengan para organiser Toulon Tournament.

"Pengalaman kami di turnamen ini sangat berharga bagi para pemain dan staf. Keberhasilan kami akan menyuntik rasa percaya diri  mereka," lanjut pelatih yang kini menangani timnas Inggris senior tersebut.

Sementara, pihak penyelenggara turnamen mengatakan bahwa ajang ini seperti "ayah" dari para bintang-bintang kelas dunia.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Sky Sports, Situs Resmi Toulon Tournament, Pitch International


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X