Soal Pergantian 5 Pemain, Usulan Datang dari Klub

By Rabu, 5 April 2017 | 06:01 WIB
Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi dan jajarannya menjalani konferensi pers di Gedung Makostrad, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (30/3/2017) sore.
SEGAF ABDULLAH/JUARA.NET
Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi dan jajarannya menjalani konferensi pers di Gedung Makostrad, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (30/3/2017) sore.

Rencana regulasi lima pergantian pemain di Liga 1 musim 2017 membuat PSSI dihantam kritik. Pemilik otoritas tertinggi bal-balan nasional itu dianggap gegabah karena aturan tersebut bertentangan dengan Laws of the Game FIFA, yang hanya mengizinkan maksimal tiga pergantian di kompetisi resmi.

Penulis: Andrew Sihombing/Yan Daulaka/Sahlul Fahmi/Ovan Setiawan/Kukuh Wahyudi

Masyarakat boleh protes, tetapi sejumlah klub peserta Liga 1 justru mendukung.

“Wacana lima pergantian di Liga 1 itu bagus-bagus saja mengingat peraturan bahwa pemain U-23 hanya bisa diganti sesama pemain U-23 pada 45 menit pertama,” kata CEO Bali United, Yabes Tanuri.

Manajer Umum Arema FC, Ruddy Widodo, setali tiga uang.

“Bila ketiga pemain U-23 mengalami cedera di 45 menit awal dan mesti diganti, pergantian pemain sudah langsung habis bila jatahnya cuma tiga,” ujarnya.

Baca juga:

Sikap sejumlah klub tersebut bukan tanpa alasan. Selain melindungi kepentingan mereka dalam upaya mengejar kemenangan dan gelar juara, juga karena usulan lima pergantian itu memang datang dari klub.

“Berawal dari ditetapkannya aturan bahwa klub boleh mendaftarkan 20 pemain di tiap partai, ada perwakilan klub yang mengusulkan lima pergantian. Usul ini kemudian disepakati secara bersama dan diputuskan oleh Bapak Joko Driyono,” kata Reza Dwi Putra, perwakilan Persegres di manager meeting beberapa waktu lalu.

Rapat Jarak Jauh


Editor : Estu Santoso
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X