Momen JUARA; Tembok Gordon Banks Mentahkan 'Peluru' Pele

By Ade Jayadireja - Jumat, 7 April 2017 | 09:42 WIB
Aksi penyelamatan kiper Inggris, Gordon Banks, dalam laga Piala Dunia 1970 melawan Brasil di Estadio Jalisco, Guadalajara, Meksiko
DOK POPPERFOTO
Aksi penyelamatan kiper Inggris, Gordon Banks, dalam laga Piala Dunia 1970 melawan Brasil di Estadio Jalisco, Guadalajara, Meksiko

Piala Dunia 1970 menegaskan status Brasil sebagai raja sepak bola. Di turnamen inilah Tim Samba menyabet gelar juara yang ketiga, melebihi perolehan dari negara manapun kala itu.

Namun, bukan Brasil saja yang menjadi pusat perhatian. Timnas Inggris juga mencuri atensi, terutama Gordon Banks di posisi kiper.

Banks bak tembok kokoh. Di bawah pengawalan pemain kelahiran Sheffield itu, gawang The Three Lions cuma bobol sekali dalam tiga partai penyisihan Grup 3.

Satu-satunya tim yang mampu menaklukkan selama fase grup Banks adalah sang kampiun Brasil. Pertemuan kedua tim terjadi dalam pertandingan kedua di Estadio Jalisco, Guadalajara, Meksiko.

Inggris datang ke stadion dengan dada terbusung lantaran status mereka sebagai juara bertahan. Ditambah lagi, ada Banks di bawah
mistar gawang.

Namun, tim rival bukanlah lawan sembarangan. Brasil memiliki Pele, bintang Selecao saat menjuarai Piala Dunia 1958.

Pertarungan Inggris kontra Brasil pun berjalan seru. Setelah terjadi jual-beli serangan, Banks kebobolan oleh sepakan Jairzinho pada menit ke-59.

Hal menarik justru terlihat setelah Inggris kemasukan. Momen tersebut melibatkan Banks dan Pele.

Diawali umpan ke kotak penalti Inggris, Pele menyambut bola dengan sebuah tandukan memantul tanah. Peluang yang seharusnya berujung gol itu mentah di tangan Banks.

Dari posisi cukup jauh, Banks terbang menerjang bola hasil sundulan Pele dengan kedua tangannya. Penyelamatan sang legenda berbuah tepuk tangan penonton satu stadion.


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Berbagai sumber


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X