Grosjean dan Palmer Dihukum Mundur 5 Posisi Saat Start

By Diya Farida Purnawangsuni - Sabtu, 8 April 2017 | 20:00 WIB
Pebalap Formula 1 (F1) dari tim Haas, Romain Grosjean, saat menjalani sesi kualifikasi GP China di Sirkuit Shanghai Internasional, Sabtu (8/4/2017).
GETTY IMAGES
Pebalap Formula 1 (F1) dari tim Haas, Romain Grosjean, saat menjalani sesi kualifikasi GP China di Sirkuit Shanghai Internasional, Sabtu (8/4/2017).

Pebalap Haas, Romain Grosjean, dan pebalap Renault, Jolyon Palmer, dihukum lima posisi start saat menjalani balapan GP China di Sirkuit Shanghai Internasional, Minggu (9/4/2017).

Hukuman ini diberikan kepada Grosjean dan Palmer setelah Federasi Otomobil Internasional (FIA) menemukan bukti pelanggaran regulasi pengibaran dua kali bendera kuning pasca insiden yang menimpa pebalap Sauber, Antonio Giovinazzi, di tikungan terakhir.

Grosjean dan Palmer menyudahi sesi kualifikasi GP China, Sabtu (8/4/2017), di posisi ke-17 dan ke-18.

Namun, posisi tersebut akan berubah sebagai imbas dari hukuman yang diterima. Grosjean dan Palmer dipastikan bakal memulai balapan GP China dari grid terakhir.

Sementara itu, Max Verstappen (Red Bull Racing) dan Esteban Ocon (Force India), yang semula berada di baris paling belakang mendapat promosi ke posisi start milik Grosjean dan Palmer.

"Saya kehilangan waktu satu detik di tikungan terakhir, saya sangat memelankan mobil. Saya tahu ada masalah di tikungan terakhir," tutur Palmer sebelum mendapat vonis, dilansir Motorsport.

"Jika mereka (FIA) melihat data, mereka akan melihat bahwa saya mengikuti aturan," kata Palmer lagi.

Akan tetapi argumen Palmer ini tidak disetujui oleh para steward. Mereka menilai Palmer dan Grosjean berupaya mencatat waktu putaran secara normal setelah melewati sektor di mana marshall mengibarkan dua kali bendera kuning.

Lebih lanjut para steward mengatakan bahwa Grosjean dan Palmer tidak melakukan upaya signifikan untuk mengurangi kecepatan di area bendera kuning yang dikibarkan dua kali.

Selain dijatuhi hukuman lima posisi start, Grosjean dan Palmer juga menerima hukuman pengurangan tiga poin.


Editor : Delia Mustikasari
Sumber : Motorsport


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X