Inilah Honor Wasit Sepak Bola di Indonesia

By Segaf Abdullah - Minggu, 9 April 2017 | 10:00 WIB
Anggota Komite Wasit PSSI Yesayas Leihitu (kedua dari kiri), menyampaikan penjelasan mengenai Refereeing Administration Project di Hotel Acacia, Senen, Jakarta Pusat, Sabtu (8/4/2017).
SEGAF ABDULLAH/JUARA.NET
Anggota Komite Wasit PSSI Yesayas Leihitu (kedua dari kiri), menyampaikan penjelasan mengenai Refereeing Administration Project di Hotel Acacia, Senen, Jakarta Pusat, Sabtu (8/4/2017).

Anggota Komite Wasit PSSI, Yesayas Leihitu, membeberkan besaran honor wasit di Indonesia. Menurut dia, sejak 2007, belum ada penyesuaian gaji dari operator liga.

Hal itu diungkapkan Yesayas Leihitu pada sesi jumpa pers program Refereeing Administration Project di Hotel Acacia, Senen, Jakarta Pusat, Sabtu (8/4/2017) sore WIB.

Gaji yang didapat wasit dan asisten wasit berbeda. Selain itu, jumlah honor juga dibedakan antara pengadil di liga kasta teratas dan kedua.

"Sejak saya masih bertugas sebagai wasit Divisi Utama pada 2007, belum ada perubahan pembayaran. Saat itu, saya mendapatkan Rp 3,5 juta per laga," ucap Yesayas kepada wartawan.

Baca juga

Yesayas menambahkan, imbalan untuk wasit di kasta teratas yakni Rp 5 juta setiap pertandingan. Sementara itu, asisten wasit mendapatkan Rp 2,5 juta.

Kini, pembiayaan wasit ditanggung oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga 1, Liga 2, dan Liga Nusantara musim 2017.

Di samping itu, Yesayas juga mengatakan pihaknya tengah menunggu jadwal resmi kompetisi musim 2017. Maka, Komite Wasit juga belum bisa menentukan siapa dan berapa jumlah pengadil yang digunakan pada kompetisi mendatang.


Editor : Estu Santoso
Sumber : -


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X