Djanur: Pemain Asing Pun Bisa Saja Jadi Cadangan

By Rabu, 12 April 2017 | 20:16 WIB
Pelatih Persib Bandung, Djadjang Nurdjaman dengan latar belakang ratusan bobotoh saat memimpin latihan Atep Cs di Lapangan Lodaya, Kota Bandung, pada Rabu (29/3/2017) sore.
BUDI KRESNADI/JUARA.NET
Pelatih Persib Bandung, Djadjang Nurdjaman dengan latar belakang ratusan bobotoh saat memimpin latihan Atep Cs di Lapangan Lodaya, Kota Bandung, pada Rabu (29/3/2017) sore.

"Peluang Persib menjuarai Liga 1 musim 2017 sama besarnya dengan klub lain." Kalimat itu meluncur dari mulut pelatih Persib, Djadjang Nurdjaman.

Penulis: Andrew Sihombing/Gonang Susatyo

Ucapan Djanur, sapaan Djadjang Nurdjaman, tentu tidak salah. Sepak bola bukanlah matematika atau ilmu pasti.

Semua kemungkinan masih bisa terjadi, tim mana pun mungkin menjadi juara. Tetapi, bicara ekspektasi, pelatih berusia 52 tahun itu jelas punya beban ekstra.

Status Maung Bandung sebagai kampiun pada edisi 2014, kembalinya pemain lini belakang edisi tersebut pada musim ini, berjubelnya pemain bintang, serta hadirnya marquee player sekelas Michael Essien jelas membuat bobotoh berharap gelar juara kembali ke Jawa Barat.

Tingginya harapan itu rupanya berbanding lurus dengan kepusingan yang dihadapi sang pelatih. Setiap kali berhadapan dengan papan strategi, setiap kali itu pula Djanur akan menggaruk-garuk kepalanya yang tak gatal.

"Semua pelatih pasti pusing, bukan hanya saya. Tapi, saya lebih pusing, Mas. Hal ini menyulitkan," kata Djanur.

Yang dimaksud oleh Djanur tak lain soal kewajiban memainkan tiga pemain U-23 di sepak mula pertandingan Liga 1. Ditambah dengan keberadaan empat pemain asing, artinya hanya tersisa tiga pos starter selain kiper.

Padahal, seperti disebutkan di atas, Persib punya segudang pemain bintang. Bagaimana Djanur harus memilih di antara Atep, Hariono, Kim Jeffrey Kurniawan, Sergio van Dijk, Tantan, Raphael Maitimo, Dedi Kusnandar, Ahmad Jufriyanto, Supardi Nasir, hingga Sergio van Dijk untuk tiga pos itu?

Dengan dilema yang dihadapinya saat ini, Djanur membuka kemungkinan bahwa tiap pemain bisa saja dicadangkan. Kebijakan ini juga, katanya, berlaku bagi pemain asing atau marquee player.


Editor : Estu Santoso
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X