Bayern ala Ancelotti: Peningkatan Berkat Kestabilan

By Rabu, 12 April 2017 | 10:45 WIB
Para pemain Bayern Muenchen merayakan gol Thiago Alcantara ke gawang Arsenal pada partai pertama babak 16 besar Liga Champios di Allianz Arena, Rabu (15/2/2017).
ODD ANDERSEN/AFP
Para pemain Bayern Muenchen merayakan gol Thiago Alcantara ke gawang Arsenal pada partai pertama babak 16 besar Liga Champios di Allianz Arena, Rabu (15/2/2017).

Carlo Ancelotti, salah satu pelatih terhebat di dunia sepak bola dan paling sukses di Liga Champions, mengubah wajah Bayern Muenchen. Ancelotti tak segemar Pep Guardiola untuk urusan rotasi pemain. Alhasil, beberapa pemain merasakan kestabilan setelah meyakinkan sejak awal musim. 

Penulis: Christian Gunawan

Pada musim pertamanya di Allianz Arena, Ancelotti mendapatkan beberapa nama yang bisa ia percaya. Kepercayaan ini berbalik memicu peningkatan beberapa personel Bayern. Peningkatan Thiago Alcantara boleh jadi yang paling jelas dibandingkan dengan pemain-pemain Bayern lainnya.

Angka penampilan Thiago padaa sebelas awal tim sudah mencapai 21 kali, lima lebih banyak daripada musim lalu. Jangan bandingkan dengan performanya pada 2014-15 yang hanya dua kali akibat cedera lutut parah yang menepikannya sampai setahun. Torehan Thiago pun meningkat dibandingkan musim lalu.

Musim ini, pemain kelahiran San Pietro Vernotico, Italia, ini sudah mencetak enam gol (empat di antaranya di Bundesliga, dua di Liga Champions). Tahun lalu, total golnya hanya tiga, dua di Bundesliga. Tak mengherankan bila pemain berusia 25 tahun itu menjadi salah satu pemain paling konsisten bagus di Muenchen musim ini. Ancelotti menggambarkan permainan Thiago dengan kata “sempurna” saat menekuk Arsenal pada medio Februari.

Thiago mencetak dua gol pada leg pertama 16 besar Liga Champions itu. Pujian serupa sudah keluar dari mulut Don Carlo pada awal musim setelah mantan pemain Barcelona itu memberikan operan kunci. Assist Thiago itu menjadi awal gol tunggal yang dicetak Joshua Kimmich ke gawang Hamburg pada September silam.

"Laga yang berat. Operan fantastis dari Thiago di akhir laga. Itu adalah salah satu kualitasnya, dan ia tampil baik," ucap Ancelotti. Kondisi yang lebih meyakinkan tampak meningkatkan aspek permainan gelandang putra Mazinho, eks pemain timnas Brasil, itu.

Selanjutnya, operan menjadi salah satu aspek yang bisa disodorkan sebagai bukti perbaikan yang diperlihatkan sang gelandang. Akurasi operan Thiago naik sekitar dua persen di setiap kompetisi bila dikomparasi dengan 2015-16.

Namun, lonjakan paling signifikan terlihat dari rata-rata operan yang ia buat per laga. Musim lalu, pemain binaan Flamengo dan Barcelona itu membuat 58,5 operan per gim.

Musim ini, angka itu melonjak sampai 97,4 operan per partai. Dengan rata-rata akurasi yang juga membaik, peran Thiago dalam serangan Bayern dipastikan besar. Mantan bintang klub Bavaria itu, Lothar Matthaeus, bahkan memberikan pujian setinggi langit. Ia menyamakan Thiago dengan legenda dunia, Diego Maradona.


Editor : Aloysius Gonsaga
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X