Pesona Penyerang Argentina, Di Stefano dan Messi Representasi Terbaik di Eropa

By Kamis, 20 April 2017 | 00:31 WIB
Gestur Lionel Messi saat tampil di leg kedua babak 16 besar Liga Champions melawan Paris Saint-Germain di Stadion  Camp Nou, Barcelona, pada 8 Maret 2017.
MICHAEL REGAN/GETTY IMAGES
Gestur Lionel Messi saat tampil di leg kedua babak 16 besar Liga Champions melawan Paris Saint-Germain di Stadion Camp Nou, Barcelona, pada 8 Maret 2017.

Saking banyaknya talenta asal Argentina, Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) kerap mengakui tidak mampu memonitor semua pemain belia mereka baik yang di dalam maupun luar negeri.

Penulis: Rizki Indra Sofa

Kisah terbaik barangkali Lionel Messi. AFA sendiri mengakui tidak mengetahui Messi sampai ia pindah ke Spanyol bersama akademi La Masia milik Barcelona.

"Memang banyak talenta muda yang tak termonitor, terutama bagi mereka di Eropa," kata eks pelatih Argentina 2010-11, Sergio Batista.

Baca Juga:

Messi menjadi legenda di Barca, di Spanyol, negara di mana ia lebih banyak menghabiskan waktunya, bukan di tanah kelahiran.

Wajar kalau wacana loyalitas sempat jadi salah satu isu.

Messi dianggap 'tidak terlalu Argentina' kendati berseragam dan membela Albiceleste. Messi dicap lebih mirip orang Spanyol.

Kesuksesan bersama Barcelona dan sejarah pahit di Albiceleste jadi salah satu parameter.

Mungkin tak adil, mengingat apa yang sudah ia berikan buat negaranya, termasuk peran mengantar Albiceleste sampai ke final PD 2014 dan sepasang final Copa America 2015 dan 2016.

Tetap saja, kesuksesan La Pulga di Eropa yang jadi patokan.

Tidak hanya buat anak muda Argentina, juga klub lokal yang memilih lebih banyak memproduksi striker ketimbang pemain di posisi lain. Messi dijadikan salah satu sampel sukses, terutama di Eropa.

Lihat saja rentetan gelarnya, baik itu level klub maupun individual.


Editor : Weshley Hutagalung
Sumber : Tabloid BOLA No. 2.760


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X