El Clasico, Hanya Casemiro yang Tanpa Cela

By Minggu, 23 April 2017 | 18:04 WIB
Gelandang Real Madrid, Casemiro, berupaya merebut bola dari penguasaan striker Barcelona, Neymar, dalam laga lanjutan Liga Spanyol 2015-2016 di Stadion Camp Nou, Barcelona, (2/4/2016).
ALEX CAPARROS/GETTY IMAGES
Gelandang Real Madrid, Casemiro, berupaya merebut bola dari penguasaan striker Barcelona, Neymar, dalam laga lanjutan Liga Spanyol 2015-2016 di Stadion Camp Nou, Barcelona, (2/4/2016).

Siapa yang unggul dalam pertarungan di lini tengah, dialah yang akan memenangi sebuah pertandingan. Ujar-ujar klasik itu tentu saja juga berlaku di el clasico.

Penulis: Dwi Widijatmiko

Pemain lini depan kelas dewa seperti Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi sekalipun tidak akan bisa berbuat banyak kalau sektor tengah tidak memberikan servis atau membentengi pertahanan agar gol-gol mereka tidak sia-sia.

Jadi, duel lini tengah dipastikan bakal menentukan siapa pemenang el clasico nanti. Siapa pemilik sektor tengah yang lebih baik?

Dillihat dari pengalaman, Barcelona jelas unggul. Mereka punya Sergio Busquets dan Andres Iniesta, yang sudah sangat sering mentas di el clasico. Keduanya merasakan kemenangan-kemenangan terbaik Blaugrana dalam duel el clasico selama 10-15 tahun terakhir.

Di lain pihak, gelandang paling senior Real Madrid adalah Luka Modric. Dia baru mengoleksi 10 penampilan di el clasico, yang berarti kurang dari sepertiga koleksi penampilan milik Iniesta.

Madrid kalah pengalaman, tapi mereka mengompensasinya dengan unggul dalam hal fisik. Gelandang-gelandang Madrid lebih muda dan lebih segar daripada Barcelona.

Madrid juga punya gacoan di sektor ini. Satu-satunya gelandang yang sudah lebih dari satu musim memperkuat tim dan belum pernah tersentuh kekalahan di el clasico. Dia adalah Casemiro.

Gelandang asal Brasil itu mulai rutin menjadi pilihan pertama sejak Zinedine Zidane melatih Madrid. Ketika El Real kalah telak 0-4 di el clasico pada musim lalu, tim masih dilatih Rafael Benitez dan Casemiro duduk manis di bangku cadangan Santiago Bernabeu.

Dalam dua el clasico berikutnya, dengan Casemiro turun bermain, Madrid menang 2-1 dan menahan Barcelona 1-1. Kedua pertandingan digelar di Camp Nou!


Editor : Jalu Wisnu Wirajati
Sumber : Tabloid BOLA No. 2.761


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X