Penggunaan VAR Setahun Lebih awal di Serie A

By Kamis, 27 April 2017 | 11:01 WIB
Para pemain Inter Milan melakukan protes kepada wasit Marco Guida dalam laga perempat final Coppa Italia kontra Lazio di Stadion Giuseppe Meazza, Milan, Italia, 31 Januari 2017.
MARCO ROSI/GETTY IMAGES
Para pemain Inter Milan melakukan protes kepada wasit Marco Guida dalam laga perempat final Coppa Italia kontra Lazio di Stadion Giuseppe Meazza, Milan, Italia, 31 Januari 2017.

Akhir pekan kemarin, Presiden Asosiasi Wasit Italia (AIA), Marcello Nicchi, mengumumkan Serie A 2017-2018 bakal menggunakan teknologi VAR alias video assistant referee

Penulis: Anggun Pratama

Penggunaan VAR masih menanti persetujuan IFAB (International Football Association Board), tetapi sangat mungkin permintaan AIA itu bakal disetujui. Pada rencana awal, penggunaan VAR bakal dimulai pada Serie A 2018-2019.

Namun, kebutuhan VAR tampak sangat mendesak guna menghindari kontroversi. Bila digunakan secara tepat, VAR akan sangat membantu wasit yang bertugas di tengah lapangan. Serie A mengikuti Bundesliga dan Ligue 1 yang juga menerapkan penggunaan VAR musim depan. La Liga turut menyusul.

"Alat ini akan sangat membantu wasit membuat keputusan tepat di atas lapangan. Yang pasti alat ini membantu pengadil menghindari kesalahan. Wasit utama harus menyaksikan sendiri tayangan ulang sebelum membuat keputusan akhir," kata Roberto Rosetti di Gazzetta dello Sport.

Rosetti adalah kepala proyek penggunaan VAR di Italia. Ia merupakan bekas wasit top Italia.

Kapan review VAR bisa digunakan?

  • Keputusan gol/tidak gol.
  • Keputusan penalti/tidak penalti.
  • Kartu merah langsung (bukan kartu kuning kedua).
  • Perkara salah identitas.

Wasit harus membuat keputusan mandiri terlebih dahulu atau bila terjadi insiden serius yang tak terlihat oleh ofisial.


Editor : Firzie A. Idris
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X