Pochettino Mencetak Tim Pemberani di Tottenham

By Rabu, 26 April 2017 | 18:02 WIB
Gelandang Tottenham Hotspur, Christian Eriksen (depan), disambut rekan-rekannya selepas menjebol gawang Swansea City dalam laga Premier League di Liberty Stadium, Swansea, 5 April 2017.
MICHAEL STEELE/GETTY IMAGES
Gelandang Tottenham Hotspur, Christian Eriksen (depan), disambut rekan-rekannya selepas menjebol gawang Swansea City dalam laga Premier League di Liberty Stadium, Swansea, 5 April 2017.

Pelatih Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino, adalah penggemar permainan agresif menekan. Spurs pun bermain sesuai karakter sang pelatih. 

Penulis: Riemantono Harsojo

"Bermain dari belakang, bukan melepas bola ke kotak penalti dari lini pertahanan, banyak menekan, mendominasi lapangan seperti yang kami rencanakan dalam latihan sepekan," ujar Pochettino di UEFA.com pada Oktober 2016.

"Hal itu adalah emosi yang ingin kami rasakan, dan saya ingin berbagi filosofi tersebut dengan para pemain saya," katanya.

Kata Pochettino banyak menekan. Praktiknya, Tottenham memainkan garis pertahanan tinggi. Begitu kehilangan bola, Harry Kane cs langsung menekan lawan di wilayahnya.

Kata sang pelatih lagi, itu adalah wujud dari tim yang berani. Pochettino mencetak Spurs menjadi tim berani.

Data Whoscored.com menunjukkan bahwa sampai pekan ke-33 Premier League 2016-2017, sebanyak 30 persen dari aksi permainan Tottenham terjadi di sepertiga wilayah lawan.

Spurs nomor lima dalam daftar tim tersering melakukan aksi di sepertiga daerah lawan. Sementara sebanyak 43 persen aksi pasukan Pochettino terjadi di sepertiga kedua lapangan.

Tim London ini melakukan aksi di sepertiga wilayah sendiri sebanyak 26 persen. Bukti Spurs Pochettino memiliki kecenderungan bermain bukan di wilayah sendiri, melainkan di sepertiga kedua dan sepertiga terakhir lapangan.

Dengan gaya seperti itu, Tottenham pun tajam. Mengemas 68 gol, pada pekan ke-33 Spurs berstatus sebagai tim paling banyak mencetak gol setelah Liverpool (69 gol).


Editor : Beri Bagja
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X