Perlukah Sriwijaya FC Mulai Menghitung Hari Osvaldo Lessa?

By Sabtu, 6 Mei 2017 | 10:44 WIB
Pelatih Sriwijaya FC, Osvaldo Lessa, saat memberikan keterangan pers seusai laga Liga 1 melawan Persib Bandung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu (29/4/2017).
BUDI KRESNADI/JUARA.NET
Pelatih Sriwijaya FC, Osvaldo Lessa, saat memberikan keterangan pers seusai laga Liga 1 melawan Persib Bandung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu (29/4/2017).

Keran gol Beto Goncalves akhirnya terbuka juga. Sebiji gol yang ditorehkannya pada menit ke-62 laga kontra Bhayangkara FC, Rabu (3/5/2017), menyetop puasa gol di Liga 1 pada hitungan 331 menit.

Penulis: Andrew Sihombing/Noverta Salyadi

Penyerang asal Brasil ini memang sempat menjadi pusat perhatian karena tak kunjung menjebol gawang lawan di tiga pekan pembuka Liga 1. Padahal, ia selalu bermain penuh di ketiga partai Laskar Wong Kito tersebut.

Mungkinkah, pada usianya yang kini sudah 36 tahun, ketajaman Beto sudah menemui senjakala? Bisa jadi demikian pertanyaan yang menggelayuti benak penikmat sepak bola nasional.

Performa Beto memang tidak lagi seganas di TSC 2016 ketika ia menjadi pemain tersubur dengan torehan 25 gol. Setidaknya demikian yang tergambar dari statistik Labbola.

Di turnamen jangka panjang tahun lalu, eks penyerang Persipura ini mencatatkan rataan 2,7 tembakan per partai dengan rata-rata 1,6 shots on goal.


Striker Sriwijaya FC, Beto Goncalves saat mengikuti latihan timnya di Stadion Manahan Solo, 24 Februari 2017. (SUCI RAHAYU/JUARA.NET)

Bandingkan dengan di Liga 1 musim 2017 ketika striker bertinggi 175 cm tersebut hanya menorehkan rata-rata 1,2 tembakan per partai (0,5 shots on goal tiap pertandingan).

Beto tak bisa menutup rasa lega. Hanya, kegembiraannya tak maksimal karena Sriwijaya harus kalah 1-2 dari tim tamu.

“Saya senang bisa mencetak gol, tetapi juga sedih belum bisa memberikan kemenangan. Kita akan kerja lagi membenahi kekurangan dan memperbaiki mental. Semua harus kerja dan semangat melupakan kekalahan untuk bangkit,” ujar Beto.

Suporter Sriwijaya sebenarnya tak perlu terlalu merisaukan keganasan Beto. Setidaknya, belum perlu terlalu waswas. Beto bukannya tak pernah gagal mencetak gol dalam waktu lama seperti sekarang.

Baca Juga:

Pada era Liga Super musim 2008-2009, saat masih berkostum Persipura, Beto pernah 'menghilang' dari papan skor selama lima pertandingan.

Toh, ketika itu ia akhirnya tetap bisa mencetak total 22 gol sepanjang musim alias hanya kalah dari Boaz Solossa (Persipura) dan Cristian Gonzales (Persib), yang sama-sama mengemas 28 gol.

Suporter klub kebanggaan Palembang dan Sumatra Selatan ini rasanya perlu lebih khawatir dengan pencapaian tim.

Kekalahan dari Bhayangkara pada tengah pekan ini membuat Teja Paku Alam cs tertahan di peringkat ke-14 dengan koleksi 4 poin.

Jumlah ini adalah yang terjelek dalam periode empat pekan sejak era LSI, sama yang dikoleksi pada musim 2013. Ketika itu, Sriwijaya akhirnya finis di peringkat kelima klasemen.


Editor : Beri Bagja
Sumber : Tabloid BOLA


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X