Juventus Vs Torino, Merayakan Gelar Juara di Depan Layar Kaca?

By Sabtu, 6 Mei 2017 | 13:15 WIB
Gaya selebrasi gelandang Juventus, Miralem Pjanic (kiri),  seusai mncetak gol ke gawang Torino saat melakoni laga lanjutan Liga Italia 2016-2017 di Stadion 'Grande Torino, Turin, (11/12/2016).
MARCO BERTORELLO/AFP
Gaya selebrasi gelandang Juventus, Miralem Pjanic (kiri), seusai mncetak gol ke gawang Torino saat melakoni laga lanjutan Liga Italia 2016-2017 di Stadion 'Grande Torino, Turin, (11/12/2016).

Derby della Mole antara Juventus vs Torino pada Sabtu (6/5) merupakan salah satu bentrokan paling sengit di tanah Italia. Embel-embel scudetto bakal membuat tensi partai derbi kian panas.

Penulis: Sem Bagaskara

Kisah persinggungan derby della Mole dan scudetto dimulai pada 5 Juni 1927.

Duel itu memunculkan skandal besar pertama di sepak bola Negeri Piza, Caso Allemandi (Kasus Allemandi), merujuk kepada nama bek Juventus dan timnas Italia, Luigi Allemandi.

Torino, Bologna, dan Juventus waktu itu sama-sama bersaing di jalur juara. Torino butuh kemenangan di derbi untuk mendekat kepada titel.

Manajer Il Toro saat itu, Nani, lantas menyuap Allemandi agar bermain jelek dengan iming-iming uang senilai 50 ribu lira.

Baca juga:

Juventus kalah 1-2 pada partai derbi dan Torino pun melaju ke podium juara.

Kasus tersebut akhirnya mengemuka dan berdampak kepada dicopotnya gelar Torino pada November 1927.

Tak heran jika duel Torino vs Juventus pada 5 Juni 1927 disebut sebagai salah satu derby della Mole paling beracun.


Editor : Weshley Hutagalung
Sumber : Tabloid BOLA No.2.765


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X