China Pilih Dua Orang untuk Gantikan Li Yongbo sebagai Pelatih Kepala

By Delia Mustikasari - Kamis, 11 Mei 2017 | 14:45 WIB
Pelatih kepala timnas bulu tangkis China, Li Yongbo, mengangkat trofi Piala Uber 2016 seusai final turnamen Piala Thomas dan Uber di Kunshan, China, 21 Mei 2016.
JOHANNES EISELE /AFP PHOTO
Pelatih kepala timnas bulu tangkis China, Li Yongbo, mengangkat trofi Piala Uber 2016 seusai final turnamen Piala Thomas dan Uber di Kunshan, China, 21 Mei 2016.

Tim nasional China sudah memutuskan dua orang untuk menggantikan Li Yongbo sebagai pelatih kepala. Mereka adalah Xia Xuanze dan Zhang Jun.

Xia adalah mantan pebulu tangkis tunggal putra China yang merupakan Juara Dunia 2003 dan finalis Olimpiade Sydney 2000.

Adapun Zhang merupakan peraih dua medali emas Olimpiade Sydney 2000 dan Olimpiade Athena 2004 dari nomor ganda campuran saat berpasangan dengan Gao Ling.

Xia akan menangani sektor tunggal, sedangkan Zhang fokus membina sektor ganda. China juga menunjuk Wang Wei yang akan mengurusi pengembangan tim.

Mantan wakil pelatih kepala Tian Bingyi dan Xie Zhongbo akan menjadi konsultan.

"Xia, Zhang, dan Wang memiliki dedikasi untuk mengembangkan timnas," kata Asosiasi Bulu Tangkis China (CBA) yang dilansir allenglandbadminton.

"Selain itu, mereka adalah pemain top dunia selama berkarier (di bulu tangkis). Mereka baru bertugas sebagai pelatih setelah pensiun sebagai pemain," ucap CBA.


Dari kiri ke kanan, Xia Xuanze dan Zhang Jun saat masih aktif sebagai pebulu tangkis China. (TOSHIFUMI KITAMURA, LIU JIN/AFP PHOTO)

Xia dan Zhang akan resmi bertugas sebagai pelatih kepala pada Piala Sudirman yang akan digelar 21-28 Mei di Gold Coast, Australia.

"Setelah melatih sektor tunggal putra dan ganda pada dua Olimpiade, baik Xia maupun Zhang dianggap sudah mengenal para pemain timnas, mengetahui potensi lawan terberat, dan tren perkembangan bulu tangkis dunia," tutur CBA.


Editor : Delia Mustikasari
Sumber : allenglandbadminton.com


Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

SELANJUTNYA INDEX BERITA

Close Ads X